Berpotensi Ekspor : Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Memperkenalkan Metode Strategi 4P kepada UMKM Kalibening untuk Memenangkan Pasar

Kebondalem, Kab Semarang (13/08/2022) Segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, maupun perilakunya agar produsen mampu mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik. Bisa dikatakan, melalui segmentasi pasar, produsen dapat mengetahui target konsumen mana yang tepat untuk bisnisnya. Banyak strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan dan menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Salah satu strategi yang digunakan oleh UMKM adalah marketing mix strategy (strategi bauran pemasaran). Kegiatan pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, kebijakan ditribusi, dan cara promosi.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP di Desa Kebondalem, ditemukan berbagai macam UMKM yang memiliki potensi untuk dipasarkan di luar Kabupaten Semarang bahkan ekspor keluar negeri, seperti UMKM pengolahan kopi, keripik tempe, keripik pisang dan mebel. Namun, dalam perjalanannya, pelaku usaha UMKM tersebut mengakui bahwa masih belum secara jelas menentukan segmentasi pasar dan strategi pemasaran produk, padahal itu adalah kunci kesuksesan suatu UMKM. Mereka masih terbatas dengan penggunaan teknologi dan mereka minim informasi mengenai strategi pemasaran yang seharusnya dilakukan.

Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan pemasaran produk UMKM dan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh, maka dibuatlah program pendampingan edukasi strategi pemasaran supaya pelaku UMKM dapat menganalisis kondisi pasar secara tepat dan juga menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Program ini dilakukan dengan memberikan penjelasan secara detail mengenai strategi 4P (product, price, place, dan promotion) kepada UMKM yang bersangkutan dengan media poster dan leaflet.

FOTO-REPORTASE

Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terdiri dari 4 kategori, yaitu:
a. Produk (Product)
Segala sesuatu yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang melingkupi kualitas, ciri, merk, kemasan, pelayanan, garansi, dan lainnya. Produk merupakan hal paling penting dalam strategi marketing yang harus diperhatikan oleh sebuah UMKM dalam memasarkan barang maupun jasanya, karena melalui hal inilah UMKM dapat menarik minat konsumen dengan memberikan produk yang sesuai kebutuhan, memiliki mutu terbaik, berkinerja, ataupun inovatif.
b. Harga (Price)
Nilai dari suatu barang yang diukur dengan uang, termasuk daftar harga, promo, jangka waktu pembayaran, syarat kredit. Harga memegang peranan penting dalam proses terjadinya kesepakatan dalam jual beli. Dalam menentukan pilihan, harga tentunya menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan.
c. Tempat (Place)
Berkaitan dengan proses distribusi yang merupakan kegiatan perusahaan yang saling berkaitan agar dapat menjadikan suatu prduk/jasa siap digunakan atau dikonsumsi, dalam hal ini termasuk lokasi, persediaan transportasi, dan cakupan pasar. Tempat yang startegis dan mudah dijangkau tentunya juga menjadi faktor pendukung terhadap keputusan membeli suatu barang/jasa.
d. Promosi (Promotion)
Promosi merupakan bagian dari komunikasi yang bertujuan memberikan penjelasan agar dapat meyakinkan calon konsumen mengenai barang/jasa yang ditawarkan. Proses pemasaran ini dapat dilakukan dengan cara periklanan, public relation, dan tenaga penjualan. Kegiatan promosi menjadi faktor pendukung lainnya terhadap keberhasilan pemasaran suatu produk/jasa.

Dengan adanya edukasi ini, pelaku UMKM memiliki pengetahuan baru dan tertarik untuk menerapkan strategi marketing mix 4P dan pelaku UMKM menyadari bahwa dengan adanya kemajuan teknologi, strategi pemasaran yang dilakukan bisa dilakukan secara online dan offline sekaligus. Tindak Lanjut yang dilakukan untuk program kerja ini adalah melakukan evaluasi dan monitoring terhadap sosialiasi yang sudah dilakukan dibeberapa UMKM.

Penulis: Adrian Fernando (Teknik Industri)
Dosen Pembimbing Lapangan: Nikie AstorinaY. D., S.KM., M.Kes
#KKNTimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip