Mendorong Kegiatan Bank Sampah di Kelurahan Bugel, Mahasiswa KKN Undip Memberikan Penyuluhan dan Membagikan Tempat Sampah untuk Warga Sekitar

Bugel, Salatiga (14/08/2022) – Kegiatan penyuluhan peduli lingkungan dan penyediaan tempat sampah di pemukiman warga telah sukses dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip pada Jumat 22 Juli 2022 di RW 03 Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan memisahkan sampah organik, anorganik, serta yang dapat diperjualbelikan kembali kepada warga dengan membantu menyediakan tempat sampah di pemukiman warga.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-22-35-27

Sampah saat ini masih menjadi permasalahan yang krusial di tengah masyarakat. Sampah merupakan salah satu masalah yang hingga saat ini pengelolaannya masih belum dapat ditangani sepenuhnya oleh Pemerintah. Keberadaan sampah yang tidak dikelola dengan baik kerap menganggu kondisi lingkungan. Sebenarnya penanganan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga oleh seluruh elemen daerah, termasuk warga masyarakat, organisasi kemasyarakatan, lembaga-lembaga swadaya, serta pelaku usaha.

Telah banyak upaya pemerintah dan elemen masyarakat dalam menangani permasalahan yang ditimbulkan oleh sampah, baik secara mandiri maupun antar lembaga. Padahal apabila sampah dikelola dengan baik sejak awal baik di rumah, di dasa wisma dan di RT RW yang dibuang ke tempat pembuangan akhir tidak berupa sampah yang tidak dapat busuk. Pemilahan sampah yang baik juga dapat berguna untuk memisahkan antara sampah organik, anorganik, serta yang dapat diperjualbelikan kembali dan yang tidak. Pemilahan tersebut dapat menambah penghasilan warga dengan mengumpulkan sampah-sampah yang dapat dijual kembali.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-22-35-30

Kegiatan pembagian tempat sampah oleh mahasiswa KKN Undip ini dilaksanakan dengan arahan ketua RT dan RW setempat. Penempatan tempat sampah untuk menunjang kebersihan lingkungan dan kegiatan bank sampah ini ditentukan berdasarkan tingkat keramaian warga di suatu tempat. Tidak lupa, tempat sampah juga ditempatkan di beberapa warung usaha warga yang banyak didatangi pembeli.
Penyuluhan mengenai peduli lingkungan dan pemilahan sampah ini sangat penting untuk dilakukan dilingkup warga mengingat fakta bahwasanya masih banyak masyarakat yang acuh tak acuh pada kondisi lingkungan sekitar. Adanya penyuluhan dan penyediaan tempat sampah ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan kepekaan warga terhadap kondisi lingkungan.
Selain itu, program bank sampah yang saat ini tengah digalakkan oleh kelurahan setempat juga dapat berjalan dengan baik apabila warga dapat patuh dengan memilah-milah sampah rumah tangga berdasarkan jenisnya.

Penulis : Dian Ayuningtyas – 14020119130050
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
DPL : Ir. Sulistyo, M.T. Ph.D.

#kknundip
#kkntim2undip
#banksampah
#bugel