Keren!!! Mahasiswa KKN Undip Memberikan Metode Pengajaran Baru yang Lebih Efektif di SDN 04 Wirun

IMG-20220811-WA0014

Sukoharjo (10/08/2022) Salah satu kegaitan KKN TIM II UNDIP periode 2021/2022 yang dilakukan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, adalah melakukan pengajaran kepada Siswa Kelas V yang ada di SDN 04 Wirun. Dalam kegiatan ini Mahasiswa KKN Undip mengenalkan metode pengajaran agar siswa tidak bosan dan memiliki ketertarikan pada materi yang diberikan oleh Mahasiswa KKN Undip. Dalam pelaksanaan program kerja monodisipliner Mahasiswa KKN Undip memberikan metode pengajaran efektif melalui media audio-visual yang isinya berupa materi sejarah Proklamasi. 

Mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan materi pembelajaran berupa video seputar Proklamasi di SDN 04 Wirun
Pemilihan materi seputar sejarah Proklamasi tidak asal di pilih, tentu saja hal ini memiliki dasar dan alasan. Pemilihan materi sejarah seputar Proklamasi di dasari karena mendekati momen-momen kemerdekaan Indonesia dan bertujuan agar siswa kelas V di SDN 04 Wirun dapat meneladani perjuangan tokoh-tokoh bangsa dan Pahlawan pejuang kemerdekaan dalam membebaskan Negara Indonesia dari Jajahan bangsa asing. Maka dari itu Mahasiswa KKN Undip memberikan gambaran seperti apa susah payahnya pahlawan pejuang kemerdekaan dalam memperjuangkan kebebasan yang kita rasakan saat ini. 

IMG-20220814-WA0014

Metode pembelajaran menggunakan media audio-visual juga dapat diharapkan menimbulkan rasa ketertarikan siswa terhadap pelajaran sejarah yang mana pelajaran sejarah memiliki kesan yang membosankan dan membuat siswa mengantuk saat guru menerangkan materi. Dengan adanya media Video ini siswa akan dapat visualisasi seperti apa kronologi proklamasi sehingga imajinasi siswa dapat dikembangkan lewat media penayangan video ini.  

Selama pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar diadakan di rumah dan metode ini dinilai tidak efektif oleh sebagian orang tua siswa. Dengan metode ini pembelajaran secara daring dapat menjadi efektif karena siswa memiliki ketertarikan lebih terhadap media audio-visual hal ini dapat dibuktikan oleh siswa Kelas V di SDN 04 Wirun yang sangat antusias memahami dan menonton video terbukti saat mereka di berikan pertanyaan berupa kuis seputar video proklamasi yang ditayangkan dapat dijawab dengan benar. 

IMG-20220811-WA0013

Mahasiswa KKN Undip menyerahkan Jurnal metode pembelajaran efektif dan tambahan materi siswa kelas V kepada Kepala Sekolah SDN 04 Wirun
Selain memberikan metode pengajaran melalui media audio-visual Mahasiswa KKN Undip juga menyerahkan jurnal tentang cara menjalankan metode pembelajaran yang efektif kepada siswa pada tingkat sekolah dasar. Diharapkan dengan jurnal yang diberikan dapat menjadi salah satu pedoman guru di SDN 04 Wirun dapat menggunakan beberapa metode yang efektif dalam pengajaran sehingga di dalam kelas kegiatan pembelajaran tidak hanya terfokus pada guru melainkan juga siswa aktif dalam mengeksplorasi materi pembelajaran sehingga kegiatan diskusi di kelas menjadi hidup dan siswa mendapatkan wawasan tambahan selain dari buku materi pegangan siswa. Selain itu Mahasiswa KKN juga memberikan Materi tambahan guna mendukung pembelajaran siswa kelas V SDN 04 Wirun dalam pembelajaran di Semester 2 nantinya.

Penulis: Rian Setiawan, 13030119130068 (S1 Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya)
Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *