Memancing di “TELAGA CUAN” Zaman Now Melalui Media Sosial Bersama Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro

Whats-App-Image-2022-08-14-at-1-17-27-PM

Kaligawe, Kota Semarang (1/08/2022) – Dalam menyikapi derasnya arus perkembangan kemajuan teknologi, tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial sudah menjadi bagian dari aktifitas masyarakat dari berbagai kalangan. Dengan seiringnya perkembangan zaman yang makin modern, media sosial menjadi pusat aktifitas komunikasi dan interaksi. Media sosial sudah menjadi sarana media pemasaran dan pengenalan produk yang efektif karena tidak terbatas oleh waktu dan jarak, dengan media sosial juga para pelaku usaha dapat menganalisis perilaku konsumen untuk menjadi bahan acuan dan evaluasi produk sehingga interaksi yang terjadi didalam media sosial dapat menjadi modal untuk promosi sehingga mencapai target konsumen yang tepat.

Dengan adanya peluang emas dari kemajuan teknologi Mahasiswa Universitas Diponegoro mengajak UMKM di daerah Kelurahan Kaligawe untuk lebih melek lagi dalam menggunakan media sosial. Mahasiswa Universitas Diponegoro melihat potensi yang sangat baik dari berbagai UMKM di Kelurahan Kaligawe yang sangat baik untuk dikembangkan melalui media sosial, maka dari itu mengajak UMKM di daerah Keluruahan Kaligawe untuk memanfaatkan media sosial ini “Telaga Cuan”.

Salah satu UMKM yang sangat berpotensi di Kelurahan Kaligawe yaitu Sambel Pecel Dapur Ibu Toet. Produk sambel pecel asli tanpa bahan pengawet ini sudah menjadi produk unggulan di Kelurahan Kaligawe, masyarakat di Kelurahan Kaligawe sudah tidak asing lagi dengan produk Sambel Pecel Ibu Toet ini. Mahasiswa Universitas Diponegoro ingin mengembangkan potensi terbaik dari produk ini dengan menggunakan media sosial. Program yang dilakukan dengan sosialisasi strategi pemasaran melalui media sosial ini memberikan materi materi tentang langkah langkah melakukan pemasaran melalui media sosial yaitu Instagram. Program yang dilakukan dengan pemberian materi pengenalan media sosial yang dilanjutkan dengan penunjukan langsung cara melakukan pemasaran melalui media sosial Instagram, kini Sambel Pecel Dapur Ibu Toet sudah memiliki akun Instagram yang bernama @dapur.budhetoet dan sudah menjadi akun bisnis yang dapat melakukan pemasaran iklan di media sosial.
Whats-App-Image-2022-08-14-at-1-17-26-PM
Dengan adanya program strategi pemasaran melalui media sosial ini diharapkan dapat menjadi pemantik momentum bagi para UMKM di daerah Kelurahan Kaligawe untuk lebih melek lagi dalam menanggapi zaman yang serba digital ini dan menggunakan media sosial sebagai sarana pengembangan produk menjadi lebih terkenal kepada masyarakat luas dan memajukan perekonomian setempat.

Penulis : Muhammad Andika Al Hakiem – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik – Ilmu Komunikasi – NIM 14040119130107
DPL : Ilham Ainuddin, S.AB., M.si