BANTU TINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM, MAHASISWA KKN TIM II UNDIP 2021/2022 KENALKAN STRATEGI MARKETING PRODUK

Semarang (14/08/2022) Istilah UMKM bukanlah istilah yang asing untuk didengar dan diketahui. Istilah tersebut sangat familiar di kalangan masyarakat sebab Indonesia sendiri termasuk ke dalam negara yang memiliki lebih dari 50% UMKM. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan istilah umum dalam perekonomian yang merujuk pada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan ataupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. Di dalamnya terdapat para pelaku usaha yang menopang laju perekonomian, sehingga mereka harus memahami dan menguasai strategi marketing produk UMKM.

Pesatnya kemajuan teknologi tentu sedikit banyak mempengaruhi perkembangan UMKM itu sendiri. Mau tidak mau para pelaku usaha harus ikut beradaptasi agar usahanya bisa terus berjalan. Dapat dikatakan bahwa teknologi menjadi tombak penting bagi perkembangan UMKM, sehingga setiap pelaku usaha harus bisa mengimbangi kemajuan teknologi yang ada. Teknologi khususnya media sosial sangat efektif dalam membantu para pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Kemajuan teknologi tersebut tentunya menuntut para pelaku UMKM untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi marketing produk yang efektif dan efisien. Jika tidak, maka UMKM tersebut akan sulit untuk bersaing dengan kompetitor lain karena pelaku usahanya tidak memahami bagaimana cara untuk mengembangkan usahanya.

Berangkat dari keresahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021/2022 menyelenggarakan program kerja bernama “Product Marketing UMKM Desa Kaligawe (Produk Makanan)” pada hari Jumat, 12 Juli 2022 bertempat di rumah produksi tahu Bapak Kunardi, Desa Kaligawe, Susukan, Ungaran Timur, Kab. Semarang. Program kerja yang diselenggarakan berupa sosialisasi dan dihadiri oleh pemilik usaha serta karyawan UMKM tahu Bapak Kunardi. Program sosialisasi tersebut berbentuk edukasi tentang strategi dan pentingnya product marketing bagi pelaku UMKM produk makanan di Desa Kaligawe. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para penggiat home-industry agar mengetahui bagaimana cara mengembangkan produk sehingga kegiatan pemasaran dapat sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan, sustainability-nya tetap terjaga, dan produk dapat digunakan dengan baik oleh para konsumen. Sosialisasi yang telah diselenggarakan mendapat respon positif dari pelaku UMKM produk tahu di Desa Kaligawe. Mahasiswa berharap bahwa program edukasi strategi marketing produk yang sudah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM serta ilmu yang diberikan dapat diterapkan dalam usaha untuk memajukan usahanya.

Penulis: Bernadeta Algrika (13020119120014) Fakultas Ilmu Budaya/S1 Sastra Inggris
Lokasi: Desa Kaligawe, Susukan, Ungaran Timur, Kab. Semarang
Dosen Pembimbing Lapangan: Damar Nurwahyu Bima, S.Si, M.Si