Jaga Kesehatan Mulai dari Makanan, Mahasiswa KKN UNDIP Simulasikan “Isi Piringku” bersama Kader Posyandu

Whats-App-Image-2022-08-12-at-17-32-44

Magelang (22/7/2022) Kesehatan sebagai aset yang berharga, terdapat berbagai upaya untuk menjaga Kesehatan, salah satunya yaitu melalui makanan. Apa yang dikonsumsi oleh kita, akan mempengaruhi tubuh. Mungkin respon tubuh tidak langsung terasa, namun kebiasaan apa yang kita makan dapat memberikan efek jangka panjang yang tidak terduga. Selain itu, baru saja kita mengalami pandemic covid – 19 yang cukup lama, oleh karena itu harus lebih waspada dan selalu berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh.
Berdasarkan hasil penelusuran dan wawancara singkat ketika pelaksanaan Posyandu kepada warga Desa Ringinanom, beberapa ibu mengalami masalah Kesehatan berat badan lebih, berat badan kurang, hipertensi bahkan ada juga DM. Melihat beberapa masalah Kesehatan tersebut, dapat dilakukan aksi pencegahan serta pengendalian dengan memperhatikan betul makanan yang dikonsumsi. Setiap hari, tubuh membutuhkan gizi yang cukup. Gizi tersebut diperoleh dari makanan yang masuk ke tubuh setiap harinya. Maka dari itu, kebutuhan – kebutuhan harus dipenuhi agar tubuh tetap dalam kondisi baik. Tidak lupa, selalu mengingat dan sadar dini seperti apa tubuh kita, ada beberapa pantangan jenis makanan yang harus dihindari berkaitan dengan kesehatan.
Upaya itu diwujdukan dengan melakukan edukasi dan simulasi oleh mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro “Isi Piringku” bersama Kader Posyandu, bertempat di Posko Posyandu Dusun Kiringan, Desa Ringinanom. Poster dan leaflet sebagai media penyampaian materi, serta dilakukan sharing bersama. Kita juga bersama – sama, menghitung IMT secara manual dan menggunakan kalkulator agar mengetahui, berat badan sudah sesuai atau belum guna menyesuaikan komposisi “Isi Piringku”. Serta, bersama – sama menyiapkan jadwal menu makan setiap hari sesuai prinsip. Pada akhir sesi terdapat pemberian simulasi menyiapkan makan dengan pedoman “Isi Piringku”. Para Kader Posyandu menyampaikan belum pernah dan baru mengetahui terkait “Isi Piringku”. Poster dan leaflet juga disebar, diberikan untuk posko posyandu, sebagai bahan baca untuk warga masyarakat agar lebih mudah untuk memperoleh informasi.

Whats-App-Image-2022-07-30-at-13-04-18

Kegiatan ini diharapkan menjadi informasi baru yang bermanfaat bagi warga masyarakat, dan semoga menjadi kebiasaan baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Meskipun menjaga Kesehatan tidak hanya dengan pola makan, akan tetapi makanan juga berperan penting dalam tubuh. Sebisa mungkin, sejak dini kita biasakan mengonsumsi makanan yang beragam dan sesuai anjuran.

Penulis : Lailatul Karimah – Fakultas Kedokteran
Dosen Pendamping Lapangan (DPL) : Muhyidin S.Ag, M.Ag, M.H
Desa Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang
#KKNTimII2022 #UniversitasDiponegoro #p2kknundip #lppmundip