Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Bekerjasama dengan UMKM untuk Melakukan Branding Melalui Platform Digital
Semakin berkembangnya zaman, platform digital dan dunia maya semakin dibutuhkan untuk segala kebutuhan kehidupan sehari-hari, tak terkecuali untuk para pengusaha UMKM juga. UMKM yang mulai menjamur beberapa tahun kebelekang memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang dan menjadi sebuah usaha yang lebih maju lagi karena kuatnya pengaruh platform digital, seperti media sosial atau e-commerce. Walaupun begitu, masih ada UMKM yang tidak bisa atau tidak memaksimalkan kesempatan untuk melakukan promosi melalui platform digital karena kurangnya pengetahuan akan teknologi atau tidak paham untuk membuat sebuah promosi yang seperti apa.
Oleh karena itu, mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro yang diterjunkan di daerah Pedurungan kidul melakukan program kerja “Branding UMKM Pedurungan Kidul Melalui Platform Digital guna Meningkatkan Ekonomi Masyarakat” yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi sekaligus pemberian booklet yang berkaitan tentang copywriting yang berguna untuk memberikan pengetahuan bagaimana sebuah UMKM menjalankan promosinya secara baik dan benar melalui platform digital. Hal ini dilakukan untuk membantu UMKM yang berada disekitar Pedurungan Kidul untuk lebih kreatif lagi dan meningkatkan keinginan untuk melakuka promosi melalui platform digital, karena pada platform digital memiliki potensi yang lebih besar lagi untuk meningkatkan penjualan UMKM tersebut.
Selain itu, mahasiswa Tim II KKN Univesitas Diponegoro juga menawarkan bantuan atau jasa pada UMKM tersebut untuk pembuatan foto atau video produk. Walaupun tak semuanya tertarik dengan jasa yang ditawarkan, namun semua UMKM yang didatangi menerima dengan baik sosialisasi yang diberikan oleh mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro.
(Abdiel Bramantyo U.) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
DPL : Dr.ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.
Lokasi : Pedurungan Kidul