PENDAMPINGAN REVITALISASI KOMUNIKASI BUMDES SUMBER ARTO DESA KENTENG SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KEPENGURUSAN YANG BARU SERTA PROSES LEGALITAS BERBADAN HUKUM DI DESA KENTENG, KECAMATAN BANDUNGAN, KABUPATEN SEMARANG

WhatsApp Image 2022-08-11 at 10.31.39

Gambar 1. Penyerahan SK pengurus baru dan koordinasi dengan pengurus BUMDes

Kenteng (11/7). Mahasiswa KKN Reguler Tim II Undip 2021/2022 melaksanakan program Monodisiplin mengenai Pendampingan Revitalisasi Komunikasi BUMDes Sumber Arto Desa Kenteng Sebagai Sarana Pembentukan Kepengurusan Yang Baru Serta Proses Legalitas Berbadan Hukum Di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang oleh Louis Bertrand Bintang Timur mahasiswa jurusan STr. Informasi dan Hubungan Masyarakat, konsentrasi Hubungan masyarakat, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro.

Program ini dilaksanakan mengingat kondisi dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Arto Kenteng kurang bisa berjalan dengan baik, karena kurangnya koordinasi antara direktur dengan pengurus dibawahnya. Untuk itu pendampingan komunikasi ini bertujuan guna mengeratkan kembali setiap pengurus yang ada serta terciptanya keterbukaan antar sesama pengurus dan pihak desa. Selain itu adanya pendampingan revitalisasi komunikasi yang sudah berjalan ini juga memberikan dampak yang signifikan terhadap kepengurusan BUMDes Sumber Arto yaitu dengan terbentuknya susunan kepengurusan yang baru guna lebih memantapkan dan melancarkan keberlangsungan dari dinamika keberjalanan program yang ada di BUMDes Sumber Arto.

Program revitalisasi komunikasi ini juga merupakan dasar guna keberlangsungan program terkait BUMDes lainnya, salah satunya adalah pendampingan dalam mengurus legalitas BUMDes berbadan hukum. Dalam hal ini, Louis Bertrand selaku mahasiswa Undip melakukan komunikasi secara intens dan berlanjut dengan Pendamping Desa (PD) Kecamatan Bandungan yang juga bertindak dan berjasa melakukan pendampingan kepada BUMDes Sumber Arto, mulai dari pengumpulan berkas sebagai syarat-syarat, menyusun berita acara, dan tentunya berkoordinasi dengan pengurus BUMDes secara berkala.

Pelaksanaan program ini tidak serta merta dilakukan dalam satu waktu, melainkan secara bertahap, berproses dan menghasilkan progress. Dari hal ini juga telah terlaksana pemberian SK kepada pengurus BUMDes baru, yang dihadiri oleh pengurus BUMDes, baik direktur hingga kepala berbagai unit, dan tentunya Kepala Desa.

Melalui program tersebut pengurus BUMDes beserta perangkat Desa berharap, rasa kekeluargaan didalam internal BUMDes Sumber Arto Desa Kenteng bisa semakin solid dan kompak, sehingga bisa melaksanaan setiap program kerja dengan baik, transparan, dan tentunya kepengurusan dari BUMDes bisa sejahtera dan bisa mengayomi masyarakat dengan bijaksana.

WhatsApp Image 2022-08-11 at 10.32.02

Gambar 2. Pertemuan dan koordinasi lebih lanjut dengan Bapak Erwin selaku Pendamping Desa

KKN Reguler Undip Tim II 2021/2022
Penulis : Louis Bertrand Bintang Timur
Fakultas : Sekolah Vokasi
DPL : Ir. Ibnu Pratikto M.Si
Lokasi KKN : Desa Kenteng, Kec. Bandungan, Kab. Semarang
#KKNtimIIperiode2022
#P2kknundip
#lppmundip
#undip