Dukung Pariwisata Blotongan, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Pembuatan Konten Kreatif sebagai Strategi Promosi
Foto: Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi pembuatan konten kreatif sebagai media promosi Pasar Tegalan di Wisma Benedicta Kota Salatiga pada (31/07). (Dok. Pribadi)
BLOTONGAN, SALATIGA (14/08) – Guna mendukung berkembangnya pariwisata daerah, mahasiwa KKN Tim II Universitas Diponegoro menggelar Sosialisasi Pembuatan Konten Kreatif kepada karang taruna Tegalombo pada Minggu (31/07/2022). Kegiatan sosialisasi ini diadakan di Wisma Benedicta, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga dengan mengusung tagline “Generasi Muda Penggerak Pariwisata”.
Kelurahan Blotongan memiliki sejumlah potensi wisata andalan, dari wisata alam, wisata religi, wisata edukasi, maupun wisata kuliner. Banyaknya potensi wisata ini apabila semakin dikembangkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata. Pasar Tegalan merupakan salah satu wisata unggulan Kelurahan Blotongan. Sayangnya, wisata pasar tradisional dengan suasana tempo dulu dan alam yang asri ini semakin mengalami penurunan pengunjung. Oleh karena itu, pembuatan konten kreatif menjadi strategi promosi baru agar Wisata Pasar Tegalan semakin populer dan banyak dikunjungi wisatawan.
Konten kreatif merupakan bentuk dari sajian informasi yang didalamnya dapat berupa hiburan, berita, atau informasi lain yang disajikan secara orisinil melalui media baru. Sajian informasi ini dapat berbentuk artikel, video, maupun multimedia yang diunggah di internet. Adanya sosialisasi pembuatan konten kreatif ini bertujuan untuk mengajak generasi muda menerapkan strategi promosi baru untuk mengangkat pariwisata di daerahnya.
Foto: Booklet online yang dibagikan kepada karang taruna Tegalombo. (Dok. Pribadi)
Sosialisasi yang dihadiri oleh sepuluh peserta perwakilan dari karang taruna Tegalombo ini dikemas dalam bentuk power point dan booklet online yang kreatif serta interaktif sehingga mudah untuk dipahami. Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan karang taruna Tegalombo dapat memanfaatkan media baru dengan membuat konten-konten kreatif yang dapat menarik khalayak luas.
Oleh: Auriga Febriana Cahyaningtyas (Ilmu Komunikasi/ 2019)
DPL: Naintina Lisnawati, S.K.M., M.Gizi
KKN Tim II Universitas Diponegoro, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga