Dirgahayu Indonesia ke-77, Karang Taruna Pujangga Mengajak Mahasiswa KKN Undip Memeriahkan Lomba Anak-Anak dan Remaja di Dukuh Grantang Desa Kemasan

Whats-App-Image-2022-08-14-at-15-45-25
Gambar 1: Lomba Anak-anak dan Remaja Karang Taruna Pujangga Dukuh Grantang Desa Kemasan

Kemasan, Sukoharjo (11/07/2022), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro TIM II T 2021/2022 ikut memeriahkan perlombaan untuk anak – anak di karang taruna Pujangga Dusun Grantang.

Dalam kegiatan KKN Tim 2 Universitas Diponegoro, Mahasiswa selain memiliki kewajiban untuk melaksanakan program kerja multidisiplin dan monodisiplin juga diharapkan dapat terlibat atau berbaur dalam kegiatan masyarakat, hal ini pun tidak terlepas dari salah satu nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan dengan keterlibatan dalam masyarakat ini, mahasiswa dapat mengimplementasikan nilai – nilai yang didapatnya saat berada dalam bangku kuliah kepada masyarakat. selain itu mahasiswa yang memiliki beban sebagai agent of change dapat memberikan inovasi yang solutif terhadap permasalahan yang ada dalam masyarakat. Seperti yang dikatakan oleh Tan Malaka “Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali”.

KKN Tim 2 Universitas Diponegoro Desa Kemasan selain melaksanakan kewajibanya untuk melaksanakan program kerja multidisipliner dan monodisipliner, juga andil dalam rangkaian kegiatan untuk menyambut hari kemerdekaan oleh Karang Taruna Pujangga Dusun Kadrengan. Ini tidak terlepas dari bentuk pengabdian mahasiswa untuk berpartisipasi kepada masyarakat Desa Kemasan yang memiliki hajat. Pada kegiatan ini, Karang Taruna Pujangga mengadakan lomba 17-an untuk anak-anak dan remaja yang ada di Dukuh Grantang, Desa Kemasan. Perlombaan diadakan di pelataran masjid Dk. Grantang dengan perlombaan meliputi mencari pasangan stik, meniup bola ping pong, dan memecahkan balon air. Mahasiswa KKN Undip juga ikut berpartisipasi dalam lomba mencari pasangan stik dan membantu dalam kelancaran lomba. Lomba ini berlangsung dari ba’da isya’ sampai pukul 10 malam.

Whats-App-Image-2022-08-14-at-15-55-18
Gambar 2: Lomba Anak-anak dan Remaja

Whats-App-Image-2022-08-14-at-15-45-25-1
Gambar 3: Mahasiswa KKN Undip Ikut Memeriahkan Lomba 17-an

Dengan adanya kegiatan ini ditujukan untuk memeriahkan dan menyambut moment tahunan dalam peringatan hari kemerdekaan Indonesia, serta diharapkan dapat menambah nasionalisme bagi seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Kemasan khususnya di Dusun Grantang. serta dengan adanya kegiatan ini mahasiswa KKN dapat lebih mengenal dinamika yang ada di masyarakat.
Penulis: KKN UNDIP TIM II 2021/2022 DESA KEMASAN
DPL: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.