UPAYA PENINGKATAN HARDSKILL BIDANG TEKNOLOGI PELAJAR DESA GEDONGJETIS MAHASISWA KKN UNDIP MENGADAKAN PELATIHAN MICROSOFT OFFICE EXCEL

Tulung, Klaten (12-8/2022), Saat ini banyak aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan secara terkomputerisasi menggunakan microsoft office, baik microsoft office word maupun excel. Hal ini telah diterapkan di sebagian besar bahkan seluruh sekolah di kota yang ada di Indonesia, dimulai dari jenjang Sekolah Dasar. Namun pada kenyataannya anak – anak SD kelas 6 dan SMP di Desa Gedongjetis ini belum sepenuhnya terkomputerisasi, banyak tugas yang masih dilakukan secara manual. Padahal apabila dilakukan secara terkomputerisasi menggunakan Microsoft office, penyelesaian tugas akan menjadi lebih mudah dan efisien. Oleh karena itu, Mahasiswa Tim II KKN Undip melakukan pelatihan microsoft office excel untuk anak – anak SD kelas 6 dan SMP.


Gambar 1. Modul Pelatihan Microsoft Office Excel

Materi yang diberikan yaitu berupa pengenalan Microsoft office excel, rumus – rumus dasar, penggunaan fungsi IF, dan cara pembuatan jadwal pelajaran. Melihat kenyataan anak – anak SD dan SMP yang belum bisa membuat jadwal pelajaran menggunakan microsoft office excel dan melakukan perhitungan secara manual. Banyak manfaat yang diberikan oleh microsoft office excel untuk mempermudah perhitungan kasus tersebut. Fungsi – fungsi yang tersedia pada microsoff office excel tersebut dapat digunakan untuk menghitung jumlah, nilai mininal, nilai maksimal, rata-rata data, dan banyaknya data.


Gambar 2. Pelatihan Aplikasi Microsoft Office Excel

Pada saat pelaksanaan kegiatan anak – anak belum mengenal dan mengoperasikan fungsi-fungsi yang tersedia pada microsoft office excel secara optimal. Hal tersebut sangat disayangkan karena di sekolah sendiri sudah diberikan tugas yang menggunakan microsoft office, termasuk micosoft office excel. Kegiatan dimulai dengan penjelasan materi dilanjutkan praktik di microsoft office excel lalu setiap anak mencoba satu-satu. “Kita jadi paham, soalnya kalo di sekolah ngga praktik langsung cuman materi” komentar dari salah satu peserta pelatihan. Chelsea selaku peserta meminta untuk mengadakan pelatihan ini lagi di lain waktu. Peserta sangat antusias karena mereka belum pernah diajarkan secara langsung, di sekolah hanya diajarkan teorinya saja.
Dengan adanya kegiatan pelatihan microsoft office excel ini diharapkan anak-anak SD dan SMP dapat menggunakan microsoft office excel secara optimal dan merasakan manfaat kemudahannya.

Penulis : Karina Febriani, Statistika/Fakultas Sains dan Matematika
KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022
Editor : Dr. Ana Silviana, SH, M.Hum