Tingkatkan Brand Awarness UMKM Knit Craft, Mahasiswi KKN Undip Buat Video Promosi

Foto-Knit-Craft

Kulon Progo, DIY – Dalam rangka meningkatkan brand awarness salah satu UMKM unggulan Desa Sentolo, Knit Craft, mahasiwi KKN Tim II Undip membuat video promosi untuk diunggah melalui media sosial seperti Instagram dan Youtube pada Rabu (10/8/22).

Pembuatan video promosi ini juga menjadi program monodisiplin Kuliah Kerja Nyata yang dilatarbelakangi adanya masalah penurunan penjualan dari UMKM Knit Craft akbiat Pandemi Covid-19 dan masih kurangnya awarness masyarakat terhadap produk tas lokal serat alam Knit Craft.

Pemilik toko kerajian tangan tas, Suyatin di Kulon Progo, saat ditemui mengatakan pihaknya membuat kreasi berbagai jenis kerajinan lokal asli serat alam Kulon Progo menjadi kerajinan yang memiliki value yang tinggi dan disesuaikan dengan tren yang ada.

Menurut Ibu Suryati, saat ini tren mode yang digemari yakni tas yang terbuat dari eceng gondok dengan model klasik seperti Kipas Anggur Sulam, Kotak Pita, dan Kipas Polos. Usaha keluarga yang sudah berjalan sejak akhir tahun 1999 ini sudah menciptakan berbagai kreasi produk tas dengan harga terjangkau, serta kualitas yang dijual tidak kalah saing dengan tas-tas import bermerek. Harga yang ditawarkan yakni berkisar Rp65.000 hingga Rp200.000.

Sayangnya, walaupun sudah puluhan berdiri, UMKM Knit Craft ini masih kurang dilirik oleh masyarakat secara luas. Dengan demikian salah satu strategi agar meningkatkan brand awarness Knit Craft yakni dengan membuat video promosi di media sosial seperti Instagram dan Youtube.

Video promosi ini menjadi salah satu terobosan baru yang bisa dilakukan untuk meningkatkan profit usaha yang dijalankan. Melalu media ini, informasi mengenai sebuah usaha dapat disajikan dalam bentuk audio visual dengan waktu yang cukup singkat. Dengan demikian, orang akan lebih paham akan informasi yang didapatkan dan tidak membosankan. Hal ini juga didukung semua media sosial mempunyai fitur video seperti Instagram dan Youtube.

Untuk proses pembuatan video ini sendiri memerlukan waktu 4 hari mulai tanggal 18 Juli, 22 Juli, dan 9-10 Agustus 2022. Bertempat di Pasar Seni dan Kerajinan di Kapanewon Sentolo dan di Oxigen Park, Kaliurang.

Harapannya, melalui video promosi ini dapat mewujudkan media promosi yang efektif agar produk UMKM Knit Craft yang merupakan salah satu UMKM unggulan Desa Sentolo dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Penulis: Dita Suci P.R.