Sistem Pencernaan Rewel, Sering Bolak-balik Kamar Mandi? Yuk Perbanyak Konsumsi Makanan Fermentasi

20220806-091536-1

Semua orang jika mendengerkan kata ” fermentasi”  pasti langsung berpikiran pada makanan maupun minuman seperti yogurt,tempe , dan bagi penggemar K-Pop ataupun K-Culture pasti mengenal juga makanan khas dari negara Korea Selatan yaitu Kimchi yang juga termasuk ke dalam makanan fermentasi. 

Untuk produk minuman susu Yakult yang mungkin sering kita konsumsi saat kita masih kanak-kanak  merupakan salah satu produk probiotik atau fermentasi minuman yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Produk produk fermentasi sesungguhnya memiliki berbagai macam manfaat & khasiat , terutama pada sistem digestif atau sistem pencernaan pada tubuh manusia dan dapat melindungi sistem pencernaan tubuh kita dari bakteri ataupun mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan pencernaan.

Apabila seseorang merasa sistem pencernaannya buruk , perut sering merasa mulas, kembung , sering bolak balik kamar mandi dengan frekuensi buang air besar yang tidak teratur dibarengi dengan konsistensi  feses / tinja yang cair itu merupakan kondisi kondisi yang menunjukkan bahwa sistem pencernaan tubuh kita tidak sehat dan baik-baik saja.  

Oleh karena itu disini kami sebagai mahasiswa tim II KKN UNDIP 2022 memutuskan untuk mengangkat topik ini agar masyarakat bisa lebih memperhatikan kesehatan pencernaan mereka dengan rutin mengkonsumsi makanan maupun minuman fermentasi 

Bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan posyandu rutin dan imunisasi yang dilakukan oleh Forum Kesehatan Kelurahan dan puskesmas Lamper kidul , kami dari tim KKN UNDIP II  2022 melaksanakan program monodisiplin kami yaitu dengan melakukan edukasi dan pembagian leaflet mengenai pentingnya konsumsi makanan fermentasi terhadap kesehatan pencernaan . 

Kami memberikan edukasi bagi ayah, ibu dan juga anak- anak mereka yang masih balita, agar  mereka bisa untuk dari sekarang bisa memulai step by step memerhatikan kesehatan pencernaan keluarga dengan mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi . 

Disini kami juga sekaligus membagikan makanan pendamping asi ( MPASI) kepada ibu-ibu yang memiliki anak batita ( dibawah usia tiga tahun)  agar ibu -ibu di kelurahan lamper kidul bisa memperhatikan baik asupan gizi dan juga kesehatan pencernaan anak mereka masing- masing .

Diharapkan dengan dilaksanakannya program ini ,semua anggota  keluarga di kelurahan Lamper Kidul  bisa memiliki sistem pencernaan yang sehat ,dan  tidak mudah terkena penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan , dan tidak ditemukan ada nya seseorang yang sakit  baik gejala ringan maupun berat  yang  diakibatkan oleh sistem pencernaan yang tidak sehat , yang salah satu kunci untuk mencegah itu terjadi adalah mengonsumsi makanan maupun minuman ber fermentasi.

Penulis : Vivaldi FH
DPL : Muhammad Arief Zuliyan, S.IP., LL.M.
Lokasi : Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang