Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan Sosialisasi serta mengajak Ibu PKK Dalam Kegiatan GEMARIKAN (Gemar Makan Ikan)

Desa Sroyo, Kabupaten Karanganyar (05/08/2022) – Universitas Diponegoro (UNDIP) melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dengan tema Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas.

Pemerintah telah membuat program nasional yaitu GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) sebagai upaya peningkatan gizi sejak dini dan meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Indonesia pada tahun 2004.
GEMARIKAN merupakan Program 2 KKN saya. Gemarikan perlu terus disuarakan karena masyarakat perlu terus meningkatkan angka konsumsi ikan, mengingat pula bahwa Indonesia merupakan negara maritim dengan potensi hasil perikanan yang sangat tinggi sehingga perlu terus dimanfaatkan dengan efektif. Indonesia dikenal dengan perairannya yang sangat luas, bernilai kurang lebih 3,25 juta km2. Tentunya pengelolaan hasil perikanan perlu terus dilakukan dan dikembangkn untuk pemanfaatan hasil perikanan yang baik.

Edukasi terkait GEMARIKAN atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP (Fadila Vinta Rahmawati, Jurusan Akuakultur) sebagai salah satu pengenalan sumber gizi yang optimal dan lebih terjangkau. Edukasi dilakukan pada Ibu PKK Dukuh Sepreh. Dengan adanya pengenalan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan diharapkan komoditas ikan lebih dikenal lagi di kalangan masyarakat khususnya anak-anak karena memiliki kandungan gizi yang optimal seperti omega 3, protein, vitamin, mineral, dan kolestrol baik serta cenderung memiliki harga yang terjangkau.

Dilihat dari banyaknya gizi yang dimiliki ikan, konsumsi ikan yang rutin juga dapat bermanfaat untuk pencegahan stunting pada anak, selain itu juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan mengurangi resiko stroke.

Melihat banyaknya keuntungan dari konsumsi ikan ini Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 41 Tahun 2014 menyarankan konsumsi ikan sebagnyak 80 – 160 gram perhari atau setara dengan 2 -3 potong ikan.
Penyampaian materi dilakukan oleh TIM KKN II UNDIP (Fadila Vinta Rahmawati, Jurusan Akuakultur) melalui poster. Kegiatan ini diikuti oleh 25 ibu-ibu PKK Dukuh Sepreh.

Kegiatan ini diharapkan mampu menambah minat makan ikan pada anak dengan cara pembuatan olahan yang inovatif dan banyak diminati oleh anak-anak, agar gizi pada anak tetap seimbang. Diakhir kegiatan diadakan pembagian Dimsum Ikan Tenggiri hasil olahan yang akan diberikan kepada ibu PKK, lalu melakukan sesi makan olahan ikan bersama.

Pelaksanakan KKN ini diharapkan mampu menyuarakan GEMARIKAN serta dapat mengajak anak – anak serta masyarakat setempat untuk makan ikan dan menghasilkan produk melalui pengolahan hasil perikanan yang ada. Penyebaran sosialisasi GEMARIKAN dilakukan di Dukuh Sepreh.

#KKNTimIIUNDIP2022
#p22kknundip
#lppmundip
#Undip

Penulis : Fadila Vinta Rahmawati (Akuakultur-Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)
Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Teguh Suprihatin, S.Si., M.Si
Lokasi: Desa Sroyo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar