Dorong Desa Banyukuning Menjadi Pusat Agrowisata, Mahasiswa KKN TIM II Undip Turut Andil Dalam Branding Melalui Media Sosial Deswita Florawisata Banyukuning

Opening-Deswita

Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang merupakan wilayah di lereng Gunung Ungaran, yang letaknya sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Semarang. Bandungan sendiri menjadi ikon wisata yang kerap menjadi jujugan para pelancong dengan menyuguhkan pesona alam yang cocok dijadikan sebagai tempat cuci mata sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Desa Banyukuning sebagai bagian dari kecamatan bandungan pun kini turut menyumbangkan destinasi wisata untuk menemani waktu liburan Anda dan Keluarga. Wisata ini dikenal dengan Florawisata Banyukuning sebagai obyek wisata baru yang lokasinya berada di Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Wisata yang mengusung konsep Agrowisata ini resmi di buka pada Minggu, 17 Juli 2022. Wisata dengan konsep alam ini dibangun di atas lahan seluas 7,5 hektar, namun kini baru sekitar 2,5 hektar yang sudah efektif digunakan sebagai tempat wisata. Florawisata Banyukuning ini membawa tagline wisata “Fun, Culinary, and Education” dimana pengunjung tidak hanya diberikan kesan perjalanan wisata saja, tetapi juga memberikan pengalaman berwisata. Obyek wisata baru ini juga menawarkan sejumlah wahana seru kepada wisatawan, mulai dari playground, camping ground, mini zoo, pusat kuliner, pagelaran seni budaya, kolam renang, green house, wedding venue, ruang pertemuan, dan masih banyak lagi.

Banyaknya Destinasi Wisata di bandungan mendorong perlunya adanya promosi yang lebih gencar melalui platform media sosial untuk tetap bertahan di tengah persaingan wisata sekitar. Tidak dipungkiri bahwa media sosial telah menjadi hal yang penting bagi kebutuhan sehari-hari. Orang memiliki banyak sekali cara berkomunikasi melalui media sosial. Mereka dapat mencari, berinteraksi, dan memberikan informasi dengan orang lain dengan mudah. Hal ini berdampak pada naiknya peluang pariwisata digital secara drastis.

Dalam upaya mempromosikan Florawisata Banyukuning perlu adanya adaptasi dengan kemajuan teknologi, untuk itu Mahasiswa KKN TIM II Undip turut andil dalam melakukan branding media sosial, mulai dari pembuatan akun media sosial Youtube dan Tiktok, perencanaan SOP Desain media sosial Instagram Deswita Banyukuning, sampai pembuatan konten Instagramable untuk media sosial tersebut. Pemasaran digital ini bisa membuat kegiatan promosi wisata menyasar lebih profesional sesuai dengan target yang di inginkan sebagai salah satu strategi mempromosikan tempat wisata secara gratis agar dapat meningkatkan wisatawan.

Penulis : Suci Nurul Fadilah
Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Ibnu Pratikto, M,Si.
Lokasi : Desa Banyukuning, Kec. Bandungan, Kab. Semarang