Yuk Pilah Sampah! Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Edukasikan Pentingnya Pengolahan Sampah dari Rumah

Semarang (14/08) Sampah adalah masalah bersama yang sampai saat ini belum terselesaikan apalagi dibarengi dengan produksi sampah rumah tangga yang kian hari kian meningkat. Tiap-tiap rumah memiliki peran penting terhadap pengelolaan sampah melalui pemilahan yang tepat. Selain membuat sampah lebih ramah lingkungan, pemilahan sampah dari rumah juga dapat membantu proses pembuangan baik pada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ataupun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) lebih mudah. Pemilahan sampah adalah kegiatan mengelompokkan dan memisahkan sampah sesuai dengan jenis, jumlah dan/atau sifat sampah. Pemilahan sampah merupakan kegiatan yang penting dalam penanganan dan pewadahan sampah di sumbernya, karena memudahkan dalam proses manajemen persampahan.
Kelurahan Bambankerep terletak berdekatan dengan UPT TPA (Tempat Pembuangan Akhir) tidak membuat masyarakat peduli terhadap sampah yang dihasilkan dengan banyaknya sampah berserakan di beberapa ruas jalan, membuang sampah sembarangan (tidak pada tempatnya) dan adanya bank sampah yang telah tidak aktif serta masyarakat yang langsung menjual sampah mereka sendiri kepada pengepul. Beberapa masyarakat juga masih banyak yang mengolah sampah dengan cara dibakar dan langsung dibuang ke TPST tanpa dilakukan pemilahan terlebih dahulu.

IMG-5226

Dalam kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro ini dilakukan sosialisasi yang dilaksanakan pada 06 Agustus 2022 bersama dengan masyarakat setempat. Sosialisasi dan Edukasi pemilahan sampah dilakukan dengan tujuan untuk membuat masyarakat ingin dan peduli kembali terhadap bank sampah ataupun secara konsisten menjual sampah rumah tangganya kepada pengepul, memberikan pandangan baru kepada masyarakat mengenai sampah itu sendiri dengan melakukan pemaparan mengenai pemilahan sampah berdasarkan jenisnya. Organik yang harus diolah dan anorganik yang harus dipilah serta dilanjutkan pemaparan tentang bank sampah mulai dari pengertian, jenis sampah yang dapat ditabung, alur sistem bank sampah serta manfaat adanya bank sampah terhadap lingkungan serta dampak timbulan sampah yang ada di TPA. Pengolahan sampah yang baik merupakan slah satu upaya membentuk kebiasaan masyarakat memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Eco-Enzyme-3