Galakan Lingkungan Indah dan Asri, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Revitalisasi Lingkungan Kampung Tematik Agro di Kelurahan Krapyak

IMG-5542-1

Krapyak (14/08/2022) – Kelurahan Krapyak berada di Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Kelurahan Krapyak secara administratif terdiri dari 46 Rukun Tetangga (RT) dan 9 Rukun Warga (RW) dengan luas lahan Kelurahan Krapyak sebesar 220,427 ha. Sebagian besar RW-RW di Kelurahan Krapyak memiliki potensi Kampung Tematik, Gerakan Tani, maupun UMKM. Kampung Tematik merupakan program yang diinisiasi Pemerintah Kota Semarang untuk mendorong terwujudnya kampung-kampung yang kreatif dan tertata dalam mengatasi berbagai permasalahan baik kemiskinan maupun prasarana lingkungan permukiman perkotaan. Pembangunan. Kampung Tematik pada prosesnya melibatkan partisipasi masyarakat serta lembaga-lembaga yang ada dengan tujuan untuk membangun karakteristik lingkungan melalui peningkatan maupun pengembangan potensi-potensi lokal yang terdapat di wilayah tersebut.

Salah satu RW yang juga mempunyai potensi kampung tematik adalah RW 7 dengan keberadaan Kampung Tematik Agro yang berisi mulai dari tanaman-tanaman hias hingga tanaman TOGA. Kampung Tematik Agro yang terletak di RW 07 sebelumnya juga ditunjuk menjadi Kampung Organik pada tahun 2015 dan meraih prestasi sebagai Juara 2 Lomba Kampung Organik tingkat Kecamatan Semarang Barat pada tahun 2015. Namun, sejak Pandemi Covid-19 melanda membuat Kampung Tematik Agro menjadi kurang terurus sebab masyarakat juga mengalami perubahan gaya hidup. Oleh sebab itu, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022 yang melakukan KKN di RW 07 Kelurahan Krapyak berinisiatif untuk melakukan revitalisasi lingkungan di Kampung Tematik Agro RW 07 Kelurahan Krapyak. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali Kampung Tematik Agro serta bersama-sama meningkatkan kesadaran masyarakat RW 07 agar kembali aktif dan peduli terhadap lingkungan.

IMG-5550

Kegiatan revitalisasi ini dilakukan dengan membersihkan lingkungan terlebih dahulu bersama-sama warga, melakukan penggantian pot tanaman yang telah rusak, memberikan papan nama pada tanaman-tanaman di RW 07 Kelurahan Krapyak, hingga melakukan pengecatan di jalan agar lebih berwarna. Dalam kegiatan ini, masyarakat yang mayoritas terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu antusias dalam melakukan kegiatan revitalisasi untuk memperindah lingkungan RW 07. Diharapkan dari kegiatan ini akan dapat menumbuhkan kebersamaan masyarakat RW 07 kembali dan menghidupkan kembali Kampung Tematik Agro.

Penulis : Benitha Afriola (Fakultas Hukum)
Dosen Pembimbing : Laura Andri Retno Martini, S.S., M.A.
Lokasi : Kelurahan Krapyak, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022