Physics Is Fun! Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Sains Melalui Eksperimen yang Menarik kepada Siswa SDN Panggung Lor, Semarang

1

Semarang (28/07). Dengan hadirnya Kurikulum Merdeka membuat para pengajar ataupun guru memiliki kesempatan yang luas dalam quality education. Pendidikan berkualitas yang inklusif dan berkualitas menjadi salah satu point Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan tema utama pada KKN Tim II Undip 2021/2022. Pandemi covid-19 memberikan banyak perubahan dalam tatanan kehidupan, salah satunya dalam pendidikan. Pembelajaran online yang dijalanin kurang lebih selama 2 tahun di SDN Panggung Lor, Semarang mengalami kejenuhan dalam pelaksanaanya. Berdasarkan surat edaran pembelajaran sekarang sudah dilaksanakan secara offline terbatas. Hal tersebut menjadi hal yang disambut baik oleh seluruh siswa dan guru untuk mewujudkan capaian pendidikan yang maksimal.

Fisika dikenal sebagai ilmu pengetahuan yang sulit untuk dipahami, fisika juga melekat dengan strereotip susah dan jarang diminati oleh siswa. Pada faktanya banyak kejadian alam semesta yang berdasarkan konsep fisika. Dari latar belakang tersebut, Lutfi Nurfauzan, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 memperkenalkan eksperimen sederhana dan menyenangkan kepada siswa SDN Panggung Lor Semarang. Melalui proker kerja monodisiplin “Program Edukasi Sains Berbasis Eksperimen Sederhana Untuk Tingkat Sekolah Dasar”. Program kerja tersebut bertujuan untuk memberikan pengertian kepada siswa SD bahwa fisika itu menyenangkan dan mudah dipahami.

33

Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 26 Juli 2022 dengan sasaran siwa kelas 4 dan 5 SDN Panggung Lor Semarang. Pelaksanaan program edukasi ini dimulai dengan mengajak siswa berpikir dan berdiskusi tentang peristiwa-peristiwa sederhana salah satunya massa jenis dan kalor. Kemudian dilanjut pemaparan materi dan disambung dengan mengajak siswa melakukan eksperimen tentang massa jenis dan perambatan kalor, terakhir ada sesi tanya jawab untuk melihat sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan. Agar siswa dan guru dapat mencoba kembali eksperimen ini diberikan juga modul eksperimen dan video youtube yang berisi penjelasan singkat dan langkah-langkah eksperimen. Pada materi massa jenis eksperimen yang dilakukan adalah membuat air pelangi dengan memanfaatkan perbedaan massa jenis masing-masing cairan. Pada materi “Kalor”, siswa diajak untuk membandingkan perambatan kalor pada gelas plastik. Selain itu, terdapat modul dengan judul “eksperimen sains sederhana untuk tingkat SD” agar dapat digunakan sebagai panduan eksperimen selanjutnya.

Screenshot-211

Melalui kegiatan eksperimen yang telah dilakukan, diharapkan dapat menjadi sarana untuk membentuk stereotip pada siswa bahwa fisika itu menyenangkan. Selain itu, sebagai bentuk sharing knowledge antar siswa SDN Panggung Lor dengan mahasiswa KKN Tim II Undip dalam bentuk pengenalan kejadian alam berdasarkan ilmu fisika.

Penulis : Lutfi Nurfauzan-24040119130059-Fisika.
Lokasi : Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.
Dosen Pembimbing Lapangan : drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp.Perio.