Pemanfaatan Lahan Kosong yang Tergenang Air di Kelurahan Genuksari

Kelurahan Genuksari memiliki banyak lahan kosong yang sudah terendam air. Dulunya, lahan kosong yang ada adalah jalanan yang dimanfaatkan oleh warga. Namun karena menurunnya tanah disekitar wilayah Genuksari danjuga meningkatnya permukaan air menyebabkan beberapa jalan di wilayah tersebut menghilang dan menjadi genangan air yang cukup tinggi. Hal ini diperlukan upaya yang efektif untuk menyiasati kejadian tersebut. Salah satu caranya adalah memanfaatkan lahan yang menggenang air tersebut dengan membuat tempat budidaya.

Budidaya perikanan yang dilakukan untuk memanfaatkan lahan kosong ini adalah sebuah jalan tengah untuk menghadapi lingkungan yang sering berubah ubah. Terlebih lagi pada lahan kosong yang tergenanag oleh air sehingga tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Adanya pengarahan dan pendampingan ketika KKN sedang berlangsung.

Pendampingan ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa lahan yang semula tidak dapat digunakan ini dapat bermanfaat bagi masyaraat sekitar atau yang memiliki tanah. Membudidayakan ikan dapat memberikan sebuah pemasukan tambahan dari hasil budidaya. Hasil budidaya ini dapat dimanfaatkan sendiri sebagai lauk selingan yaitu ikan hasil budidaya.

Hal yang diharapkan dari pendampingan dalam pengelolaan lahan kosong ini ialah sebuah pemasukan tambahan bagi pemilik lahan. Selain itu, warga sekitar tidak lagi terganggu atas adanya wabah nyamuk yang dapat berkembang dari genangan air yang ada di lahan kosong. Kemudian yang utama ialah memanfaatkan lahan yang memang tidak lagi dapat dimanfaatkan sebagai lahan apapun menjadi bermanfaat sebagai tempat budidaya ikan.

Dewa Ahnaf Giovanni
DPL BAGUS RAHMANDA,S.H.,M.H.