DAPAT DIJADIKAN IDE USAHA, MAHASISWA KKN UNDIP MENGADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET LELE

Whats-App-Image-2022-08-13-at-13-56-38

Foto Bersama Peserta Pelatihan Pembuatan Nugget Lele (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

(2/8/2022) Ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, nutrisi yang terkandung dalam ikan lele juga beragam. Kandungan protein ikan lele tidak kalah tinggi dengan daging ayam. Ikan lele juga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung, kaya akan kandungan mineral dan juga vitamin. Selain itu ketersediaan ikan lele cukup melimpah karena termasuk jenis ikan yang mudah dibudidayakan.

Padukuhan Bromonilan menjadi salah satu wilayah di Kelurahan Purwomartani yang memiliki potensi di bidang Perikanan. Pengembangannya terus dilakukan salah satunya rencana untuk budidaya ikan lele. Kegiatan budidaya harus diimbangi dengan pengetahuan penanganan dan pengolahan hasil budidaya agar menghasilkan sumber daya yang maksimal. Untuk itu, mahasiswa TIM KKN II Undip mengadakan suatu program pelatihan pembuatan nugget ikan lele dengan tujuan memberikan ide baru pengolahan ikan lele menjadi sumber makanan baru dan ide kewirausahaan.

Pelatihan ini dilaksanakan di Pendopo Padukuhan Bromonilan pada selasa 2 Agustus 2022 dari jam 18.30-22.00 WIB. Program ini terlaksana atas kolaborasi antara Karang Taruna Purwomartani dan KKN TIM II Undip dengan target sasaran para pemudi dan ibu-ibu PKK Bromonilan. Para peserta diberi leaflet yang berisikan penjelasan tentang kandungan ikan lele, manfaat ikan lele serta produk olahan ikan lele.

Kegiatan pelatihan diawali dengan penjelasan dan pemutaran video cara pembuatan nugget ikan lele. Selanjutnya dilakukan pelatihan dengan berbasis pada praktik pembuatan nugget lele mulai dari bahan-bahan hingga langkah-langkah pembuatan nugget lele. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan nugget ikan lele yaitu fillet ikan lele, tepung tapioka, tepung terigu, telur, bawang putih, garam, susu bubuk, tepung panir dan telur. Langkah pembuatannya sederhana yang meliputi penggilingan daging lele, pencampuran semua bahan, pengukusan dan penggorengan. Peserta membuat nugget lele secara berkelompok dengan didampingi mahasiswa KKN Undip.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-13-56-38-1

Praktik Pembuatan Nugget Lele Bersama Peserta Pelatihan (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Dalam pelatihan ini, para peserta sangat antusias selama pelatihan dan berhasil membuat nugget sesuai dengan materi yang diberikan. Salah satu dari peserta merasa puas dan terkesan dengan adanya pelatihan ini dan mengungkapkan bahwa nugget lele dapat menjadi alternatif olahan ikan lele yang itu-itu saja. Rangkaian kegiatan ditutup dengan foto bersama. Pelatihan ini diharapkan mampu menjadi pemicu kreativitas dan inovasi para pemudi dan ibu-ibu PKK Bromonilan dalam mengolah ikan lele dan diharapkan dapat menjadi ide usaha yang dapat dikembangkan.

Penulis : Dinadi Riska Tiarsono
DPL : Ir. Kustopo Budiraharjo, M.P.