MAHASISWA KKN UNDIP BANTU UMKM DESA MELALUI PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING
Kenteng (13/08/2022), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim II Tahun 2022. Salah satu program yang dilakukan yaitu Pengembangan Digital Marketing pada UMKM Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.
Pengembangan digital marketing bertujuan untuk pengembangan promosi digital bagi UMKM dalam meningkatkan omset dan memperluas penjualan. Program kerja ini dilakukan karena pengembangan digital pada pemasaran sangat penting untuk diterapkan pada zaman sekarang ini. Setiap usaha membutuhkan strategi marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan yang nantinya akan memberikan keuntungan lebih besar. Teknologi yang semakin berkembang ini perlu dimanfaatkan khususnya pada digital marketing. Definisi dari digital marketing adalah sebuah pemasaran yang dilakukan dengan pemanfaatan berbagai platform.
Di desa Kenteng terdapat banyak UMKM salah satunya ada usaha tahu serasi, susu kedelai, anyaman bambu, torakur (tomat rasa kurma), nastar tiwul, just kopi, kerajinan kayu, batik shibori dan lain sebagainya. Dilakukan survei ke beberapa UMKM dan menanyakan tentang pemasaran produk yang dibuat. Kemudian melakukan pembuatan pemasaran digital melalui google maps dengan menitik setiap rumah produksi UMKM yang ada di desa Kenteng.
Penulis : Destia Naufal Tsary
Dosen Pembimbing : Daud Samsudewa, SPt, M.Si, Ph.D., IPM.
#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip