Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Melibas Sampah di Daerah Aliran Sungai yang bertajuk “Riverside Clean Up”

IMG-5270

Ngringo (31/7) – Desa Ngringo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Desa Ngringo menjadi desa paling padat penduduk di Kabupaten Karanganyar dengan jumlah penduduk mencapai 26.065 jiwa (data BPS Kab. Karanganyar 2020). Desa ini juga menjadi salah satu desa yang dilalui oleh Sungai Bengawan Solo, maka dari itu terdapat banyak sungai kecil yang alirannya menuju ke Sungai Bengawan Solo. Banyaknya jumlah penduduk di Desa Ngringo dan kurangnya tempat pengolahan sampah membuat banyak masyarakat tidak bertanggung jawab yang membuang sampah di tepi sungai.

river1

Salah satu tepi sungai yang menjadi tempat pembuangan sampah sembarangan yaitu tepi sungai di Dusun Plosokerep. Sampah yang dibuang pun tidak hanya satu jenis melainkan beberapa jenis mulai sampah organik maupun anorganik. Menurut pengakuan warga setempat, permasalahan ini menjadi masalah yang susah dihadapi karena sudah coba diperingatkan pun tetap masih banyak masyarakat tak bertanggung jawab yang membuang sampah ke area tersebut.

river2

Akibat permasalahan tersebut, mahasiswa KKN tim II UNDIP mencetuskan program bertajuk “Riverside Clean Up” yaitu kegiatan membersihkan tepi sungai di Dusun Plosokerep yang sudah menjadi tempat pembuangan sampah ilegal. Selain membersihkan sampah, juga dilakukan pemasangan banner yang berisi tentang larangan membuang sampah. Kegiatan ini bertujuan supaya sungai terhindar dari sampah yang dapat menyumbat aliran dan menyebabkan banjir. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa sampah bukan merupakan permasalahan yang sepele.

20220731-105544

Pembersihan sampah dilakukan hari Minggu (31/7) pada pukul 08.00 hingga 10.00 yang berlokasi di tepi sungai belakang perum UNS V dan diikuti oleh 7 mahasiswa KKN tim II UNDIP dan 1 warga setempat yang menyediakan mobil pick up untuk mengangkut sampah menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Kegiatan ini bersamaan dengan kerja bakti warga perum UNS V yang berfokus pada renovasi balai pertemuan dan semuanya berjalan dengan lancar.

20220731-113920

Setelah kegiatan selesai, dilakukan istirahat dan makan bersama di lapangan dekat balai pertemuan perum UNS V. Sedangkan, pemasangan banner larangan membuang sampah dilakukan hari Rabu (3/8) pada pukul 16.00 hingga 17.00 dan ditutup dengan sesi foto bersama banner yang telah dipasang. Program ini diharapkan memberi efek keberlanjutan bagi masyarakat Desa Ngringo, khususnya Dusun Plosokerep.

Penulis : Nenden Rose Sugiyanto
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Teguh Suprihatin, S.Si, M.Si
Lokasi : Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar