BRANDING POTENSI DESA MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO LAKUKAN PENDAMPINGAN DIGITALISASI DESA

Whats-App-Image-2022-08-13-at-7-53-47-PM
online jpg

Kutowinangun Kidul, Salatiga (14/08/2022) – Sosialisasi Pendampingan Potensi Desa Kutowinangun Kidul yang dilakukan mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro di Kelurahan Kutowinangun Kidul dilakukan pada Kamis (28/7/2022).
Desa digital merupakan salah satu program untuk mengurangi kesenjangan arus informasi yang terjadi di desa. Konsep desa digital merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam pelayanan publik dan kegiatan perekonomian. Dengan percepatan teknologi, digitalisasi desa tentu akan lebih mudah. Digitalisasi desa dianggap penting karena akan lebih efektif jika suatu potensi desa di promosikan, agar menambah pendapat warga desa setempat dan guna branding. Exo village merupakan salah satu website promosi desa pertama yang ada. Pendampingan di Kutowinangun Kidul dilakukan guna branding daerah Kutowinangun Kidul di website exo village.
Carik Kutowinangun Kidul, Bapak Abraham, menuturkan “Banyak dari potensi Kutowinangun Kidul yang memang belum terekspos luas mulai dari UMKM sampai potensi sejarahnya, bagus sekali jika memang ingin melakukan pendampingan untuk digitalisasi potensi desa.”
Pendampingan dilakukan dengan awalan meminta ijin di Badan Kesbangpol Salatiga lalu dilanjutkan berdiskusi dengan pihak Kelurahan Kutowinangun dan menganalisis apa saja potensi dari Wilayah Kutowinangun sendiri selanjutnya dibuat grup wa koordinasi pendampingan dan dilakukan pendampingan secara daring dengan pemberian materi dari exo village.
Lurah Kutowinangun Kidul berharap dengan adanya kegiatan pendampingan program dari mahasiswa dan exo village nantinya potensi dari Kelurahan Kutowinangun Kidul dapat dengan maksimal bermanfaat bagi warga sendiri dan pihak stakeholder terkait.

Penulis : Diah Wulansari (FISIP)
DPL : Ir. Sulistyo, M.T., Ph. D
Lokasi KKN : Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga