POTENSI TOGA : BATANG SEREH DAN JERUK NIPIS SEBAGAI HAND SANITIZER ALAMI DI MASA PANDEMI COVID 19

Whats-App-Image-2022-08-14-at-00-14-20

Semarang (15/07/2022) Mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan sosialisasi mengenai potensi tanaman obat keluarga (TOGA) sebagai hand sanitizer berbahan alami di masa pandemi ini yang diikuti oleh ibu-ibu PKK dan FKK Kelurahan Gayamsari.
Tanaman Obat keluarga (TOGA) mengandung senyawa antibakteri atau yang dapat menghambat pertumbuhan bahkan membunuh mikroorganisme. Pada tanaman sereh mengandung geraniol dan sitral yang berfungsi sebagai antibakteri yang terdapat dalam minyak atsirinya. Dan senyawa Flavonoid yang terkandung dalam jeruk memiliki efek penghambatan terhadap pertumbuhan bakteri serta memiliki fungsi sebagai antivirus, antibakteri, dan anti-inflamasi. Dimana pada penelitian (Lauma, 2015) menyatakan bahwa perasan air jeruk nipis memiliki efek antibakteri dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus. Dan kedua bahan alami ini mudah dijumpai di masyarakat, sehingga kami mengusulkan kedua bahan ini sebagai hand sanitizer di masa pandemi ini, walaupun sudah adanya pelonggaran dari pemerintah, tetap harus melakukan pelindungan diri.
Pelaksanan program sosialisasi pembuatan hand sanitizer dilaksanakan di gedung serbaguna RW 05 Kelurahan Gayamsari. Pelaksanaan program ini dimulai dengan pemaparan program atau pemaparan pembuatan hand sanitizer, kemudian pembuatan hand sanitizer secara langsung oleh perwakian ibu-ibu PKK dan FKK. Dan dilanjutkan dengan pembagian hand sanitizer dan penyerahan poster pembuatan hand sanitizer dari tanaman obat keluarga (TOGA) kepada perwaklan Ibu PKK dan FKK. Proses pembuatan hand sanitizer ini mengikuti pedoman dari jurnal referensi. Melalui program ini masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan tanaman obat keluarga (TOGA) secara optimal dan dapat berperan aktif alam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan memakai hand sanitizer.

Penulis : Nur Maulina Rahmawati – 23939119130095 – Kimia – Fakultas Sains dan Matematika
DPL : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si
Lokasi KKN : Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jwa Tengah