MAHASISWA KKN UNDIP PERKENALKAN “KOKEDAMA” SENI MENANAM DARI NEGERI SAKURA

Whats-App-Image-2022-08-10-at-13-49-22-1

foto : kegiatan demonstrasi pembuatan kokedama (sumber : dokumentasi pribadi)

Pedurungan Kidul, Pedurungan, Kota Semarang (31/07/2022) – Mahasiswa Tim II KKN UNDIP melakukan demonstrasi pembuatan kokedama sebagai alternatif menanam tanaman. Kokedama merupakan seni bercocok tanam yang berasal dari Jepang. Kokedama terdiri dari dua suku kata yaitu koke- yang berarti lumut dan dama- yang berarti bola, sehingga kokedama dapat diartikan sebagai bola lumut. Penanaman metode ini yaitu dengan membungkus bagian akar tanaman dengan media tanam yang dibentuk bola kemudian diselimuti dengan lumut.
Kegiatan ini dilangsungkan pada pekan terakhir di bulan Juli dengan partisipan warga Pedurungan Kidul. Nyatanya warga di lingkungan tersebut memiliki minat yang tinggi dalam bercocok tanam, dapat dilihat dari antusiasme warga yang sangat tinggi dalam kegiatan demonstrasi pembuatan kokedama. Tidak hanya ibu-ibu melainkan bapak-bapak pun ikut serta dalam kegiatan demostrasi tersebut. “Ini ilmu baru yang sangat menarik, saya baru pertama kali tahu tentang kokedama ini” ujar salah seorang warga.
Para warga sangat gembira dan tertarik dengan pengetahuan baru yang diberikan oleh mahasiswa UNDIP. Kegiatan ini berlangsung sangat ramai dan meriah, sebagian warga yang tidak ikut membuat juga turut serta mendengarkan dan memperhatikan dengan tujuan ingin mempraktikan sendiri di rumah. Pada akhir acara peserta demonstrasi dapat membawa pulang hasil karyanya untuk dipajang dirumah masing-masing.

penulis : Hasna Nisrina Lathifah (Program studi Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.
Lokasi KKN : Kelurahan Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang