ANAK SUSAH MAKAN? GASKAN!!! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Usungkan Program Gerakan Anak Sehat Kalibening

SS-multi-2-2

Kebondalem, Kabupaten Semarang (13/8) – Fenomena yang terjadi saat ini banyak sekali kita lihat bahwa kesadaran masyarakat masih kurang terkait pola hidup yang sehat untuk anak. Permasalahan yang kami perhatikan adalah terkait makanan sehat untuk anak masih belum menjadi perhatian khusus orang tua, dimana anak dibiarkan mengkonsumsi makanan-makanan yang berbahaya seperti makanan ringan, junk food, minuman berwarna, mie instan dan lain sebagainya. Selain itu prinsip masyarakat bahwa “makan itu yang penting kenyang” turut memperburuk pemenuhan gizi bagi keluarga, khususnya anak. Desa Kebondalem memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak terutama balita dan anak-anak. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan, masih banyak masyarakat di Desa Kebondalem khususnya Dusun Kalibening yang mana orang tuanya kurang memperhatikan pola makanan yang sehat dan bergizi untuk anak dikarenakan orang tua yang menuruti kemauan anaknya ketika tidak ingin memakan makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan gizi anak-anak.

https://ibb.co/KF6NZ6y
Pelaksanaan program GASKAN

Program GASKAN (Gerakan Anak Sehat Kalibening) dilaksanakan dalam jangka waktu 1 minggu dimulai dari hari senin sampai dengan hari sabtu dengan cara door to door memberikan makanan sehat langsung kepada anak-anak, memberikan penyuluhan kepada orang tua terkait pemenuhan gizi anak, dan memberikan informasi makanan sehat dengan harga yang terjangkau. Sasaran dari program ini adalah anak-anak yang berusia 3-5 tahun yang sedang dalam masa pertumbuhan dan masih sangat membutuhkan perhatian lebih, khususnya pemberian makanan sehat dan bergizi dan orang tua sebagai pihak yang berkewajiban dalam memenuhi kebutuhan gizi anak di Dusun Kalibening. Program ini dimaksudkan untuk mengajak orang tua agar lebih memperhatikan pola makanan yang dimakan oleh anak, apakah sudah memenuhi kriteria makanan sehat dan bergizi atau belum. Tujuan dari program GASKAN ini adalah membantu orang tua dalam mengatur pola makan sehat, memotivasi anak-anak untuk menyukai makanan sehat dengan membuat kreasi makanan, dan mengingatkan orang tua pentingnya makanan sehat di masa pertumbuhan dan perkembangan anak dimulai sejak dini.

SS-multi-2-3

Penyuluhan pemenuhan gizi anak dan informasi makanan sehat kepada orang tua

Program ini berjalan dengan baik, dimana kami mengatur menu makanan sehat dan bergizi dengan harga terjangkau dan memberikan informasi kepada orang tua tentang makanan sehat da bergizi serta kreasi makanan sehat yang sekiranya dapat dibuat oleh orang tua. Anak-anak sangat merasa senang dengan program ini, dilihat dari respon yang diberikan setiap harinya oleh mereka dimana makanan yang kami berikan enak dan selalu dihabiskan langsung. Anak-anak juga bersemangat menunggu kedatangan kami mengunjungi rumah mereka. Orang tua mereka sangat antusias terkait informasi menu makanan sehat yang dapat dibuat di rumah, dan senang dengan menu-menu yang kami berikan sehingga orang tua dapat mengetahui kreasi makanan sehat dan bergizi yang dapat dibuat dan disukai oleh anaknya. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terutama orang tua tentang pentingnya memperhatikan pola makanan yang sehat dan bergizi untuk mempercepat peningkatan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Program Multidisiplin Kelompok 1 KKN Desa Kebondalem
Bregita Berliana (Perikanan Tangkap)
Lisa Kurnia (Hubungan Internasional)
Muhammad Nashir Rashif (Teknik Industri)
Nurul Leony Hidayati (Akuntansi)
Rudi Edi Santoso (Sejarah)
DPL : Nikie Astorina Yunita, D. SKM., M.Kes

#kkntimiiundip2022
#kknundip
#lppmundip
#undip