PEDULI SEHAT! MAHASISWI FK & FSM UNDIP BERINISIATIF MENGADAKAN PEMERIKSAAN DAN EDUKASI KESEHATAN BAGI WARGA BULUSTALAN!

870030

Kelurahan Bulustalan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang (15/07/2022)
Menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan masing-masing individu merupakan hal yang sangat penting baik dari usia muda hingga khususnya bagi warga yang sudah lanjut usia. Menyadari hal tersebut, mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) KKN TIM II UNDIP di Kelurahan Bulustalan berinisiatif mengadakan program kerja berupa Pemeriksaan Kesehatan gratis bagi warga Bulustalan diantaranya pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolestrol, dan asam urat oleh mahasiswa Kedokteran. Dilanjutkan dengan pemberian edukasi bahan kimia berbahaya yang biasanya sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan oleh Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika.
Kegiatan ini dilakukan pada hari jum’at 15 juli 2022 pukul 08.00 – 09.00 WIB, bersamaan dengan kegiatan kelurahan yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). Para warga yang hadir turut antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan.

870032

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pendaftaran peserta dan dilanjutakan dengan senam sehat terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan pemeriksaan kesehatan. Sembari menunggu antrian untuk cek kesehatan, mahasiswi membagikan leaflet yang sudah dibuat untuk melakukan edukasi dimana pada leaflet tersebut berisikan mengenai bahan kimia berbahaya yang sering ditemukan dalam makanan maupun kosmetik non-BPOM beserta penjelasan mengenai bahaya dan ciri-ciri makanan serta kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

870029

Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan pemeriksaan kesehatan dapat membuat peserta yang hadir bisa mengetahui kondisi kesehatannya berupa tekanan darahnya, gula darah, kolestrol dan asam uratnya serta diharapkan selalu menjaga kesehatannya dengan cara selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan mengontrolnya. Kemudian dengan adanya edukasi bahan kimia berbahaya dalam makanan dan kosmetik, peserta dapat lebih waspada dengan makanan/minuman ataupun kosmetik yang ditemukan atau dimiliki sekarang ini karena mengandung bahan kimia yang berbahaya.