Mencegah Perilaku Konsumtif Sejak Dini, Mahasiswa KKN Tim II Undip Berikan Sosialisasi Giat Menabung Sejak Dini

GIAT-MENABUNG

Temanggung (01/08/2022) Media sosial yang menjamur berbagai usia, tentunya membuat mudahnya kegiatan jual-beli dan membuat tingkat perilaku konsumtif kian meningkat. Hal ini tidak akan bisa dikontrol apabila tidak ada pengajaran maupun pengarahan terkait menabung.

Pengarahan dituju pada anak usia dini untuk menggali kepekaan dan kepedulian terhadap dana yang mereka miliki, sehingga mereka dapat lebih memahami apa pentingnya menyisihkan dana yang mereka punya.Untuk itu saya melakukan sosialisasi kepada anak – anak khususnya di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Roudloutus Shibyan dan memberi mereka tabungan. Saya mengajarkan kepada mereka untuk giat menabung sejak kecil karena menabung sejak dini banyak manfaatnya. Apalagi jika sudah tertanam dalam kebiasaan baik ini dalam diri anak sejak dini.

SOSIALISASI-MENABUNGSosialisai Giat Menabung Sejak Dini

Menabung zaman sekarang adalah suatu yang menjadi priotitas untuk masa depan. Kebiasaan menabung seharusnya sudah ditanamkanioleh orang tua sedini mungkin kepadaianak-anaknya. Tabungan mempunyai peranan yang sangat penting untuk masa yang akan datang. Menabung memiliki arti menyimpan secukupnya uang dengan jumlah besar maupun kecil yang dimiliki guna ditabung untuk mencapai tujuan tertentu. Menabung adalah suatu cara untuk mengatur uang yang dimiliki. Dengan menabung di rumah anak akan menjadi bersemangat menyimpan uang di celangan yang sudah dibagikan dan menenempelkan poster pentignya menabung di aula Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Roudloutus Shibyan supaya mereka ingat pentingnya menabung.

menempel-poster-giat-menabungMenempel Poster Giat Menabung

Anak bisa menerapkan kebiasaan baik ini menjadi keharusan dalam hidupnya dan akan menjadi penolong kebutuhan mereka di masa yang akan datang, apabila kebiasaan ini sudah tertanam dalam diri anak maka secara otomatisdirinya akan belajar bertanggung jawab untuk menghemat uang yang mereka milik. Kegiatan sosialisasi yang menciptakan generasi yang mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Anak-anak dapat menjadikan kebiasaan ini menjadi suatu kewajiban yang akan menolong merekan nantinya, dan dengan sendirinya mulai belajar berhemat dan bertanggung jawab dalam memegang uang, seperti yang diharapkan melalui gerakan ini. Mengajari anak menabung sejak dini juga bisa membentuk kepribadian positif, menabung bermakna mengajari anak bagaimana melatih kesabaran, dan menabung berguna untuk simpanan masa depan. Kegiatan ini medapatkan respon positif dari anak-anak TPQ.

Harapannya, anak usia dini lebih mengetahui pentingnya bersikap hemat dan menabung, sehingga mengurangi timbulnya perilaku konsumtif.

Elisda Zahrotunnisa – Undip 2019
elisdazahrotunnisa@students.undip.ac.id
Purwosari, Kranggan, Temanggung
KKN TIM II UNDIP 2022
Dosen Pembimbing : Muhyidin S.Ag., M.Ag. M.H.