Pembuatan Label UMKM di salah satu UMKM yang ada di Kelurahan Gunungpati

IMG-20220810-WA0020

Pelatihan Branding Produk merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan produk baru kepada konsumen agar konsumen tertarik dan suka pada produk yang dikenalkan. Salah satu produk yang ada di RT 03 RW 08 Kelurahan Gunungpati adalah lilin aromaterapi yang terbuat dari limbah minyak jelantah.

Branding produk sangat diperlukan karena lilin aromaterapi yang dibuat belum banyak dikenal oleh masyarat luas, khususnya di daerah Gunungpati sehingga penjualan lilin aromaterapi dinilai masih kurang menguntungkan. Padahal, jika dilihat dari sisi bisnis, lilin aromaterapi dapat memberikan keuntungan maksimal bagi masyarakat Gunungpati karena bahan utama yang digunakan berasal dari limbah minyak jelantah, dimana warga, terutama Ibu-ibu RT 03 RW 08 Kelurahan Gunungpati sering menyimpan minyak jelantah namun tidak diolah kembali sehingga hanya memenuhi ruangan dapur.

Dilihat dari permasalahn tersebut, maka kesempatan ini dimanfaatkan oleh Reza Pahlevi Mahardhika, mahasiswa KKN Tim II UNDIP Kelurahan Gunungpati untuk membuat program pelatihan branding pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah untuk Ibu-ibu PKK RT 03 RW 08 Kelurahan Gunungpati. Pelatihan dilakukan melalui sosialisasi dengan power point sebagai media. Sosialisasi yang dilakukan membahas mengenai bagaimana cara memperkenalkan produk lilin aromaterapi, baik melalui media online maupun offline. Pengenalan online dapat dilakukan antara lain melalui media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat luas seperti Whatsapp, Facebook, dan Instagram. Sementara itu, pengenalan produk secara offline dapat dilakukan dengan cara membuat poster dan sepanduk tentang produk, atau bisa juga dengan memperkenalkan produk dari mulut ke mulut.

Selain melakukan sosialisasi mengenai cara pengenalan produk lilin aromaterapi, masyarakat juga diajarkan tentang pelatihan bagaimana cara pengambilan foto dan video menggunakan alat sederhana yang sering digunakan oleh masyarkat Gunungpati, yaitu handphone. Tujuan dari pelatihan ini agar masyarakat mengerti bagaimana cara menghasilkan gambar dan video yang dapat menarik perhatian para konsumen melalui konten offline atau online yang mereka buat.

Dengan adanya program pelatihan branding lilin aromaterapi, masyarakat diharapakan mampu memasarkan secara mandiri produk rumahan yang telah mereka buat. Dilaksanakannya program ini juga diharapkan mampu mengurangi pencemaran limbah minyak jelantah yang ada di daerah Gunungpati, khususnya di RT 03 RW 08 Kelurahan Gunungpati.