Ayo Cegah Stunting! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 Melakukan Inovasi Program TABSI (Terapi Bermain dan Sosialisasi Gizi) Pada Anak Di Desa Protomulyo

IMG-20220815-131249

Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal (21/07/2022) – Menindaklanjuti program dan arahan dari Bupati Kabupaten Kendal yang menyelenggarakan kegiatan penimbangan balita serentak pada tanggal 4 Februari 2022 di Seluruh Rukun Warga (RW) Kabupaten Kendal. Berdasarkan data yang didapatkan dari kegiatan penimbangan balita serentak terjadi kenaikan angka stunting di Kabupaten Kendal salah satunya di Desa Protomulyo. Peningkatan angka stunting juga terjadi di Perumahan Pondok Karya Sejahtera (PKS) RW 12 Desa Protomulyo yang berjumlah 3 balita dilansir dari hasil wawancara bersama Ibu Yuni selaku Bidan Desa Protomulyo. Oleh karena itu, perlu adanya upaya percepatan penurunan angka stunting yang bersinergi dengan melibatkan semua pihak. Berdasarkan data tersebut yang melatarbelakangi pelaksanaan program kerja KKN Universitas Diponegoro 2021/2022 dengan memberikan inovasi program TABSI (Terapi Bermain dan Sosialisasi Gizi). Program TABSI ini memanfaatkan dan mengoptimalkan terapi bermain sebagai salah satu upaya pencegahan stunting melalui pola asuh dan peningkatan gizi pada anak stunting di Desa Protomulyo.

IMG-20220815-130604

Pelaksanaan program TABSI (Terapi Bermain dan Sosialisasi Gizi) oleh Mahasiswa KKN UNDIP 2021/2022 dilakukan dengan sistem door to door atau mengunjungi rumah pada anak dengan kasus Stunting di RW 12 Desa Protomulyo. Kegiatan edukasi berisi tentang materi cara mengenali dan mencegah stunting pada anak serta pemenuhan gizi seimbang anak kepada orang tua. Selain itu, Mahasiswa KKN UNDIP 2022 juga memfasilitasi anak dengan terapi bermain. Optimalisasi terapi bermain sebagai upaya meningkatkan gizi pada anak stunting bertujuan untuk menghilangkan kecemasan dari dampak proses perawatan/pemulihan, mengatasi anak yang rewel dan susah makan, melatih perkembangan motorik kasar dan halus dengan pemilihan jenis permainan disesuaikan dengan umur anak. Seluruh materi yang telah disampaikan juga sudah dirangkum secara singkat, jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat dalam bentuk “Buku Saku Edukasi Stunting 2022”. Tujuan pemberian “Buku Saku Edukasi Stunting 2022” untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang cara mencegah stunting pada anak. Dengan adanya inovasi program TABSI (Terapi Bermain dan Sosialisasi Gizi) pada Anak di RW 12 Desa Protomulyo diharapkan mampu menekan peningkatan angka stunting di Desa Protomulyo, mengeksplor permasalahan anak stunting secara mendalam dan membantu mengatasi permasalahan anak stunting dengan tepat. Hal ini sejalan dengan tujuan SDGs nomor 3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera.

IMG-20220815-130117

Penulis: Sukma Moulia Putri (Program Studi Ilmu Keperawatan/ Fakultas Kedokteran)
Dosen Pembimbing Lapangan: Dinni Asih Febriyanti, S.Psi., M.Psi.
Lokasi: Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip