Mahasiswa UNDIP Memberikan Pelatihan untuk Siswa-siswi SMAN 13 Semarang

Semarang (14/08/2022) – Microsoft Excel merupakan salah satu pengolah data spreadsheet yang paling sering digunakan. Microsoft Excel dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan seperti mengorganisir data, menghitung data, menyediakan data serta dapat menganalisa data. Selain itu, kita dapat menyajikan hasil-hasil analisis data dalam bentuk grafik atau diagram. Saat kita membuka Microsoft Excel, kita dapat membuat beberapa lembar kerja (worksheet).

Di era digitalisasi seperti ini, Microsoft Excel menjadi kemampuan yang dibutuhkan baik di dunia perkuliahan maupun pekerjaan. Hampir setiap jurusan di perkuliahan melibatkan software Microsoft Excel dalam pengerjaan tugas kuliah, olah data skripsi, maupun kebutuhan di luar kuliah. Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa-siswi tentang Microsoft Excel, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP melakukan survey ke Sekolah SMA Negeri 13 Semarang.

Berdasarkan hasil survey, ternyata sebagian besar siswa-siswi masih asing dengan cara mengoperasikan Microsoft Excel untuk olah data. Berdasarkan survey yang telah dilakukan, agar siswa-siswi SMAN 13 Semarang saat perkuliahan sudah bisa mengoperasikan Microsoft Excel dengan baik, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro mengadakan program pelatihan Microsoft Excel sederhana di SMAN 13 Semarang. Program ini merupakan program pelatihan tentang Microsoft Excel sederhana sebagai bekal siswa-siswi SMAN 13 Semarang dalam menghadapi dunia perkuliahan.

Whats-App-Image-2022-08-14-at-18-19-12

Jum’at (05/08/2022), mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan pelatihan Microsoft Excel sederhana di SMAN 13 Semarang. Sasaran dari program ini adalah siswa-siswi SMAN 13 Semarang sebanyak 70 anak. Materi yang disampaikan adalah operasi sederhana dari Microsoft Excel mulai dari formula dasar, fungsi logika, dan pembuatan grafik. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal siswa-siswi SMAN 13 Semarang agar bisa mengoperasikan Microsoft Excel dengan baik saat di dunia perkuliahan nanti.

OLEH:
Reporter: Muhammad Helmy
Editor: Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum.
Lokasi: Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang