Cegah Stunting Sejak Dini, Mahasiswa KKN Undip Ini Melakukan Penyuluhan Stunting Kepada Masyarakat

Kabupaten Tangerang (22/07/2022) – Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. Hal ini dikarenakan anak stunted, bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh pendek/kerdil) saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya, yang mana tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif.

Untuk mencegah hal tersebut, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022 melaksanakan program KKN bertemakan tentang pencegahan stunting. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Daru yang berada di Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten. Adapun program KKN tersebut yaitu melakukan penyuluhan kepada warga di Desa Daru yang memiliki masalah stunting pada anaknya.

Kegiatan program tersebut dilaksanakan pada 22 Juli 2022 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kelurahan Daru. Kegiatan ini melibatkan pengurus posyandu dan masyarakat yang ingin memantau pertumbuhan anaknya. Program ini diangkat dikarenakan kondisi bangunan posyandu di Kelurahan Daru masih kurang memadai. Sedangkan posyandu sendiri merupakan tempat yang memberikan pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menghimbau setiap daerah untuk mempercepat mengatasi permasalahan stunting yang terkandung didalam Peraturan Bupati Tangerang Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Percepatan Pencegahan Stunting Terintegrasi Di Kabupaten Tangerang. Oleh karena itu, penyuluhan pencegahan stunting di Kabupaten Tangerang terutama di Kelurahan Daru perlu dilakukan.

Kegiatan pencegahan stunting ini dilakukan dengan cara memberikan materi mengenai pengertian stunting, bahaya stunting, dan pencegahan stunting. Kegiatan tersebut diikuti oleh 11 orang ibu yang memiliki anak usia balita. Program ini bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat mengenai stunting dan akibatnya, serta penyebab gejalanya. Selain itu, diharapakan dapat menyadarkan masyarakat terutama orang tua untuk lebih dapat memberikan asupan gizi yang cukup dalam memenuhi kebutuhan gizi anak.

KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022
Penulis : Seto Imam Sanjaya – Administrasi Publik – FISIP
DPL : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum
Lokasi : Kelurahan Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten.