STRATEGI DIGITAL MARKETING JADI CARA JITU PELAKU UMKM BERTAHAN MENGHADAP SOSIALISASI, MAHASISWA KKN UNDIP BERIKAN STRATEGI NYA

27-Juli-4

Bulu Lor, Semarang Utara (25/07/2022). Segala jenis pemasaran yang melibatkan penggunaan komputer dalam bentuk apapun disebut sebagai pemasaran digital. Termasuk di dalamnya adalah upaya pemasaran berbasis internet. Bisnis dapat menggunakan situs web, mesin pencari, blog, media sosial, video, email, dan cara lain untuk menghubungi pelanggan saat melakukan pemasaran digital. Tidak ada yang namanya komunikasi “satu arah” dalam pemasaran digital, yang terus berubah dan berkembang.

Pemasaran digital memungkinkan komunikasi dua arah antara perusahaan dan kliennya saat ini atau klien potensial, tetapi papan reklame dan iklan cetak tidak. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas warga untuk bisa menggunakan digital marketing untuk usaha mereka. Program ini sesuai dengan SDG nomor 8 yaitu Decent Work and Economic Growth. Dengan harapan para warga bisa mengembangkan penggunaan digital marketing untuk small business mereka.

Usaha pemasaran produk berbekal pemanfaatan media digital serta jaringan internet. Jika pada zaman dahulu medium yang digunakan untuk melakukan pemasaran bergantung pada selembar flyer ataupun baliho, kini kita bisa dengan mudah memanfaatkan platform yang terdapat di gawai pintar untuk melakukan pemasaran digital

Berlokasi pada sentra usaha tempe yang ada di RW 05 Kelurahan Bulu Lor Kecamatan Semarang, seorang Mahasiswa jurusan S1-Ilmu Komunikasi membagikan trik jitu kepada salah satu mitra UMKM tempe yaitu Bapak Suhadi dan Ibu Ida mengenai manfaat yang diberikan jika mereka menerapkan Digital Marketing terhadap usaha mereka. Yuk simak tips dan manfaat digital marketing terhadap keberlangsungan UMKM.

• Digital marketing dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis
• Mampu meningkatkan jumlah pendapatan dengan efektif
• Dapat menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik
• Semua gadget bisa dipakai untuk menjalankan digital marketing
• Mampu membantu membangun brand bisnis yang dimiliki

Adapun strategi guna membangun digital marketing bagi para pengusaha pemula juga dipaparkan oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP sebagai berikut,

• Pertama, siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.
• Kedua, siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten

Penulis : Fauzan Surya – Prodi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Lokasi : Sentra UMKM Tempe RW 06 Kelurahan Bulu Lor
DPL : Dr. Harjum Muharam, S.E., M.E.