MAHASISWA TIM KKN II KKN UNDIP BERIKAN SOSIALISASI ANTI PENYEBARAN HOAKS BAGI WARGA KELURAHAN BULU LOR AGAR TIDAK TERKENA AZAB

azab-penyebar-hoax-di-sosial-media

Bulu Lor, Semarang Utara (18/07/2022). Sementara kejahatan dunia maya telah meningkat untuk sementara waktu, baru baru ini kejahatan dunia maya meningkat lagi. Facebook dan platform jual beli online seperti Shopee, merupakan jaringan media sosial paling populer, tidak kebal terhadap perilaku kejahatan ini. Siapa pun yang tidak terbiasa dengan phishing harus menyadari bahwa ini adalah upaya untuk mendapatkan informasi pribadi seseorang dengan menggunakan teknik phishing.

Informasi pribadi individu, kredensial akun online, dan uang mereka semuanya berisiko ketika mereka menjadi korban serangan phishing (kartu kredit, informasi akun). Maka dari itu, dikarenakan phishing sering terjadi di lingkungan kita, author merencanakan untuk membuat penyuluhan edukasi mengenai phishing yang terjadi di media sosial dengan target para masyarakat Tawangmas. Hal ini sesuai dengan SDG nomor 4 yaitu Ketersediaan Pendidikan yang layak dengan harapan masyarakat dapat meningkat mutu kualitas diri diluar pendidikan formal akademik.

Melansir dari kominfo. go.id, mereka menilai generasi muda sebagai kelompok yang tidak menyukai hoaks, sehingga cukup cerdas dalam memilah berita yang benar dan salah. Hal itu didukung oleh data dari Kominfo. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kominfo, Ferdinandus Setu mengatakan, Kominfo merilis bahwa yang menyebarkan hoaks itu adalah Baby Boomers atau generasi para orang tua.

“Menurut data analisis kominfo, penyebar hoaks itu bukan anak-anak muda, lebih cenderung orang tua yang menyebarkan. Sebagai contoh banyak dilakukan ibu-ibu melalui chat. Asal forward tanpa harus membaca dahulu. Kira-kira penyebar hoaks itu umur 45 ke atas,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kominfo, Ferdinandus Setu.

IMG-8900

Hal ini pula lah yang menggerakkan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi sebagai peserta KKN Tim II yang bertempat tugas di Kelurahan Bulu Lor untuk melakukan sosialisasi terhadap isu mengenai penyebaran Hoaks.

Bekerja sama dengan Tim penggerak posyandu PKK RW Kelurahan Bulu Lor, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP melaksanakan sosialisasi tersebut berdampingan dengan agenda posyandu bulanan yang kebetulan memang menyasar target ibu-ibu anggota posyandu. Disana peserta KKN Tim II UNDIP 2021/2022 memaparkan sederet bahaya yang bisa saja terjadi apabila seseorang turut
andil dalam penyebaran hoaks, antara lain
• Menimbulkan Perpecahan
• Menurunkan Reputasi Seseorang
• Tidak Lagi Percaya Fakta
• Menimbulkan Opini Negatif yang Merugikan

Lewat sosialisasi ini pula mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan tips untuk menghindari penyebaran hoaks diantara lain,
• Cermati baik-baik judul berita tersebut
• Hati-hati jika mengandung unsur provokasi
• Lihat darimana sumber berita
• Periksalah fakta informasi dalam berita tersebut
• Berpikir secara kritis
• Jangan langsung membagikan

Penulis : Fauzan Surya – Prodi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Lokasi : Sentra UMKM Tempe RW 06 Kelurahan Bulu Lor
DPL : Dr. Harjum Muharam, S.E., M.E.