Mahasiswa KKN Tim II Undip Kenalkan Lingkungan Laut Indonesia terhadap anak-anak di Wilayah Kelurahan Kalicari, Semarang

TPQ-5

Seperti yang kita semua tahu, Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki luas perairan mencapai 2/3 bagian dari wilayah.

Letak geografis Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang yang berada jauh dari kawasan pantai dan pesisir membuat masyarakat setempat khususnya anak-anak kurang mengetahui gambaran lingkungan laut. Umumnya anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi akan sesuatu hal yang belum mereka ketahui. Atas dasar ini perlu dilakukan suatu kegiatan yang mengedukasi anak-anak mengenai bagaimana ruang lingkup pesisir dan laut. Dengan memberikan gambaran kondisi mengenai lingkungan laut khususnya yang berada di Indonesia sendiri, maka dapat ditanamkan rasa cinta kepada laut pada anak-anak sejak usia dini.

Whats-App-Image-2022-08-15-at-18-16-58

Edukasi lingkungan laut ini dilaksanakan pada Kamis, 28 Juli 2022 bertempat di TPQ RW 1 Kelurahan Kalicari.

TPQ-4

Pengenalan lingkungan laut disampaikan melalui video animasi, dengan melalui media ini anak-anak dapat lebih memahami dan mudah untuk mengingatnya. Pengenalan tentang lingkungan laut ini bertujuan agar kesadaran untuk menjaga laut dan lingkungan tertanam kepada generasi mendatang tertanam sejak dini. Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan quiz berhadiah agar anak-anak lebih antuasias dalam memperhatikan materi yang disampaikan.

TPQ-2

Penulis : Amanda Liestyarani / Oseanografi / Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan / Universitas Diponegoro
DPL : Dr. Ir. Wahju Krisna Hidajat., MT
Lokasi : Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang