PELABELAN PRODUK UMKM SEBAGAI SARANA PENYEBARAN INFORMASI PRODUK PANGAN UMKM DI DESA KENTENG, KECAMATAN BANDUNGAN, KABUPATEN SEMARANG

Kenteng (19/7), Mahasiswa KKN Reguler Tim II Undip 2021/2022 melaksanakan program monodisiplin mengenai Pendampingan Pembuatan Label Produk Pangan UMKM di Desa Kenteng, Bandungan, Kabupaten Semarang oleh Damar Jati jurusan S1 Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian.

WhatsApp Image 2022-08-15 at 4.11.53 PM

Gambar 1. Penjelasan Materi Labeling

Labelling merupakan salah satu hal penting yang ada dalam sebuah produk. Hal tersebut dikarenakan label produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen sebelum membeli sebuah produk. Pemberian label merupakan informasi yang ada dalam produk.

Hal tersebut yang menjadi latar belakang mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan ini melakukan program pendampingan pembuatan label produk pangan UMKM. Program ini dilaksanakan untuk memberikan Awareness pada pelaku UMKM produk pangan di Desa Kenteng tentang pentingnya label produk. Label produk pangan selain berfungsi sebagai informasi produk, juga dapat berfungsi sebagai sarana branding produk dan salah satu syarat untuk mendapatkan SPP-IRT. Pembuatan label produk pangan UMKM mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberi materi berupa leaflet dan pelatihan mendesain label kepada beberapa pelaku UMKM yang dianggap mampu menjadi pionir bagi pelaku UMKM lain. Kegiatan dilakukan pada Selasa (19/7/22) pukul 14.00 hingga 16.00 secara door to door di lokasi UMKM. Penyampaian materi labelling kemasan menjelaskan komponen-komponen penting yang harus termuat dalam label, dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan. Beberapa komponen yang harus termuat dalam label produk pangan yaitu nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih, nama dan alamat pihak yang memproduksi, dan tanggal kadaluarsa.

WhatsApp Image 2022-08-15 at 5.13.17 PM

Gambar 2. Pembuatan Desain Label Produk UMKM

Pembuatan label dilakukan dengan menggunakan aplikasi Canva. Pelaku UMKM diajarkan penggunaan tool yang ada di dalam aplikasi. Mahasiswa memberikan arahan apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam label, dan pelaku UMKM memberikan masukan tentang logo dan komponen lain yang ingin dicantumkan. Dengan demikian, label yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebutuhan pelaku UMKM.

KKN REGULER UNDIP TIM II 2021/2022
Penulis : Damar Jati
DPL : Ir. Ibnu Pratikto, M.Si
Lokasi KKN : Desa Kenteng, Kec. Bandungan, Kab. Semarang

#KKNtimIIperiode2022
#P2kknundip
#lppmundip
#undip