Wujudkan Penjualan BUMDes yang Melejit, Mahasiswa KKN TIM 2 Undip Mengedukasi Pentingnya Instagram Marketing
Meningkatnya pengguna Instagram telah meningkatkan peluang dalam hal penjualan melalui media sosial. Peningkatan awareness terkait brand/produk akan lebih mudah tercapai apabila memaksimalkan media sosial salah satunya adalah Instagram. Instagram adalah salah satu media sosial populer di Indonesia. Instagram dapat digunakan sebagai media untuk branding dan media pemasaran
BUMDes Sidorejo sebagai BUMDes yang menjual berbagai produk UMKM desa belum menggunakan media sosial untuk kegiatan pemasarannya. Hal ini dikarenakan BUMDes Sidorejo terhitung masih baru didirikan.
Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN TIM 2 UNDIP mengadakan edukasi kepada pengurus BUMDes Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang (28/07/2022). Edukasi ini berupa penjelasan melalui booklet dan video terkait memaksimalkan penggunaan Instagram sebagai media untuk melakukan kegiatan pemasaran produk UMKM yang ada di Desa Sidorejo. Produk UMKM di Desa Sidorejo seperti jahe bubuk instan, kunyit bubuk instan, minuman herbal kebugaran, pupuk tanaman, aneka alat pertanian serta aneka panci dan wajan grafin.
Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM yang ada di Desa Sidorejo melalui optimalisasi akun Instragam BUMDes. Dalam hal ini, edukasi mengenai pengoptimalan akun Instagram melalui profil akun, postingan yang benar, dan cara mengiklankan produk melalui Instagram. Program kerja ini dilakukan dengan menampilkan video edukasi dan booklet agar mudah dipahami dengan sasaran BUMDes. Harapannya, BUMDes dapat memaksimalkan potensi akun Instagram sebagai media penjualan dan dapat menarik minat pelaku UMKM untuk menjualnya melalui akun Instagram BUMDes.
Penulis : Kurnia Nisfa Ramadhanni – S1 Ekonomi Islam – Fakultas Ekonomika dan Bisnis – Universitas Diponegoro
Dosen : Irawati, S. H., M. H
Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kab. Magelang