Ikuti Perkembangan Teknologi, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Branding Tempat Rekreasi Baru Desa Wisata Banyukuning melalui Video Profile dan Konten Instagram
Bandungan, 7 Agustus 2022 – Tempat Rekreasi merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi kaum milenial untuk “healing” karena mereka dapat melepas penat dengan mencari spot foto yang menarik dan apik, terutama tempat rekreasi yang menawarkan fasilitias yang cukup banyak dan bagus tetapi harga yang terjangkau. Desa Wisata Banyukuning atau yang biasa dikenal sebagai Deswita Banyukuning merupakan salah satu tempat wisata tematik karena pada saat wisatawan mengunjungi Deswita tidak hanya memberikan kesan perjalanan wisata dengan panorama yang indah, tetapi juga terdapat pengalaman berwisata dengan adanya “liburan sambil belajar”. Hal itu sejalan dengan slogan dari Deswita Banyukuning, yakni Refreshing, Culinary, and Fun Education sehingga masyarakat yang berkunjung mendapatkan tiga poin slogan Deswita.
Disamping itu, terdapat beberapa wahana yang menarik dan dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat, yakni adanya wahana play ground yang penuh petualangan, petting zoo yang dilengkapi dengan tour berkuda keliling desa dan jeep tour untuk menikmati sensasi menjadi offroader berkeliling dijalur berlumpur menyusuri perkebunan. Bagi penggemar buah dan sayur dapat menikmati sensasi petik buah anggur dan sayuran di Botanic Garden.
Meskipun demikian, exposure dari Desa Wisata yang terletak di Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang ini masih kurang dilihat dari populasi kunjungan ke area Bandungan. Berangkat dari hal tersebut, Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Banyukuning mencoba untuk membantu pemasaran melalui branding media sosial Deswita Banyukuning, salah satunya TikTok dan Instagram.
Berdasarkan gambar diatas, Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Banyukuning membuat konten TikTok dan Instagram Reels untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke Deswita Banyukuning. Selain konten TikTok dan Instagram Reels, Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Banyukuning membuat template feeds untuk konten yang akan di upload oleh tim PDD Deswita Banyukuning kedepannya.
Pembuatan konten Instagram dan TikTok yang dibuat oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Banyukuning ternyata mengundang perhatian netizen Indonesia. Hal tersebut tentunya berdampak baik terhadap reach, followers, dan jumlah likes pada akun media sosial @deswitabanyukuning. Disamping itu, mahasiswa dan juga tim Deswita Banyukuning mengerti betapa penting nya untuk harus memahami algoritma TikTok dan Instagram sebagai sarana media promosi online yang murah serta efektif. Sehingga harapannya Deswita Banyukuning menjadi salah satu benchmark daya tarik warga ataupun wisatawan bandungan.
#p2kknundip
#KKNtimIIperiode2022
#undip
Penulis : Alden Rizky Baharudin
DPL : Ir. Ibnu Pratikto, M.Si