Guna Meningkatkan Prospek UMKM Jangka Panjang, Mahasiswa Universitas Diponegoro Melakukan Sosialisasi dan Pelatihan terkait Brand Merek kepada UMKM Kelurahan Kuningan.

IMG20220730165500

Kuningan, Semarang (30/07/2022). Perkembangan dalam industri yang sangat massif menjadikan tiap lini usaha harus berupaya untuk meningkatkan penjualannya dengan berbagai cara dan sesuai dengan zaman pastinya. Salah satu tombak utama dari sebuah produk di mata pelanggan ialah merek. Merek merupakan suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya. Hal ini menjadikan suatu merek akan sangat penting bagi suatu produk kedepannya.

Dika, salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Adminisrasi Bisnis, memberikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan suatu merek di UMKM Esti Yuan Herbal, Kelurahan Kuningan pada tanggal 30 Juli 2022. Sosialisasi diawali dengan pemaparan mengenai pengertian merek, Jenis, Tujuan, Manfaat serta cara memilih dan membuat merek/logo yang baik. Selanjutnya diberikan pelatihan pembuatan logo berdasarkan tata cara yang sudah dipaparkan kepada Pak Muchlis, selaku pemilik UMKM Esti Yuan Herbal.

Whats-App-Image-2022-08-15-at-21-10-21

Sebelum

KUNYIT-ASEM
BERAS-KENCUR

Sesudah

Dengan diadakan sosialisasi dan pelatihan ini, diharapkan UMKM Esti Yuan Herbal dapat meningkatkan jangkauan target konsumen lebih baik lagi kedepannya sehingga terjadi peningkatan penjualan dan dapat memberikan pencerdasan kepada UMKM lainnya tentang cara membuat merek yang baik. Serta diharapkan konsumen lebih tertarik untuk membeli produk dari UMKM Esti Yuan Herbal

Penulis : Marsa Sandika (14030119130071)
DPL : drg. Isniya Nosartika, Sp. Perio, MDSc.
Lokasi : Kelurahan Kuningan, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang
KKN TIM II 2021/2022 UNIVERSITAS DIPONEGORO