Jurnal Membaca: Pertahanan Terhadap Minat Membaca Anak pada Tahapan Industry vs Inferiority
Kegiatan belajar bersama hingga pemberian jurnal membaca dilakukan oleh Anggota KKN Tim II Undip di Desa Kemambang pada Kamis (11/08) di Perpustakaan Desa. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memelihara minat membaca anak-anak Desa Kemambang yang cukup tinggi. Pemberian jurnal tersebut diletakaan di sebuah rak buku yang berada di Perpustakaan Desa.
Berdasarkan teori perkembangan psikososial yang dikemukakan oleh Erikson, anak-anak pada rentang usia 6 hingga 12 tahun sedang berada pada tahapan industry vs inferiority, dimana pada tahapan ini anak akan mulai mengembangkan perasaan bangga terhadap identitas dirinya. Peran lingkungan di dekat mereka menjadi sangat krusial karena akan sangat berpengaruh pada alur perasaan kompeten serta percaya diri sang anak, pencapaian anak yang sebelumnya akan memotivasi kembali anak untuk mencapai pengalaman baru. Sebaliknya jika anak mengalami kegagalan serta kurang dukungan akan membuat anak menjadi rendah diri dan merasa tidak produktif.
Desa Kemambang sendiri, semangat belajar yang tinggi dengan mudah terlihat dari bagaimana anak-anak disana sangat antusias dalam mengunjungi Perpustakaan Balai Desa setiap minggunya. Buku-buku yang jumlahnya cukup terbatas itu mulai selesai dibaca. Karenanya, dalam rangka usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan semangat membaca yang dimiliki oleh anak-anak di Desa Kemambang, diberikan sebuah jurnal membaca yang dapat diisi setiap kali usai membaca di Perpustakaan Desa.
Jurnal Membaca tersebut berisi mengenai nama pemiliki jurnal, judul buku, nama penulis buku, tanggal membaca, dan bagaimana resensi isi buku tersebut. Sebelum jurnal diberikan, telah dilakukan kegiatan belajar bersama anak-anak Desa Kemambang, diskusi bersama pengurus Perpustakaan Desa, penyusunan jurnal, dan kini sudah diserahkan kepada Perpustakaan Desa Kemambang.
Penulis: Masyita Adlin Putri (Psikologi 2019)
Lokasi: Perpustakaan Desa Kemambang, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang
DPL: Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D.