Cegah Bencana Kebakaran, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP gelar “Edukasi Penanggulangan Bencana Kebakaran dan Praktik Pemadaman Api dalam Skala Kecil”

IMG-20220815-190616

Magelang (27/07/2022) – Kebakaran merupakan suatu nyala api kecil atau besar pada tempat yang tidak diinginkan, dapat merugikan, dan pada umumnya sulit dikendalikan. Kebakaran sendiri dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor penyebab seperti terjadinya konsleting pada kabel listrik, adanya kebocoran tabung gas, lupa mematikan kompor, adanya cairan bahan bakar yang diletakkan sembarangan, dan melakukan pembakaran sampah. Berdasarkan beberapa faktor penyebab tersebut, di Desa Progowati ditemukan bahwa masyarakatnya sering melakukan pembakaran sampah di sekitar pemukiman warga. Hal tersebut apabila tidak dilakukan dengan hati – hati dan tidak diawasi maka dapat memungkinkan timbulnya api yang dapat merembet ke sekitar rumah dan menimbulkan kebakaran pada rumah. Selain itu, penyebab lain yang dapat menimbulkan adanya kebakaran di pemukiman warga yaitu adanya konsleting listrik, kebocoran tabung gas, dan pada saat memasak terkadang lupa untuk mematikan kompor. Hal tersebut merupakan hal yang sudah tidak asing lagi yang dapat menimbulkan kebakaran pada rumah. Jarak rumah yang berdekatan antar warga satu dengan yang lainnya pada Desa Progowati juga akan menjadi faktor risiko cepat merambatnya api apabila bencana kebakaran terjadi.
Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP mengadakan edukasi mengenai penanggulangan bencana kebakaran kepada masyarakat Desa Progowati. Hal ini ditujukan agar masyarakat Desa Progowati mengetahui faktor penyebab apa saja yang bisa menimbulkan kebakaran. Dalam edukasi ini akan diajarkan cara memadamkan api kebakaran dengan cara yang sederhana agar masyarakat bisa memadamkan api kebakaran apabila api masih dalam skala kecil sehingga tidak merambat ke tempat lain. Dalam edukasi ini juga dibagikan list nomor penting seperti pemadam kebakaran agar masyarakat bisa mengetahui harus menghubungi siapa pada saat kondisi darurat.

IMG-20220727-142625
Pelaksanaan Program Edukasi Penanggulangan Kebakaran

Dalam pelaksanaan edukasi kebakaran, terdapat setidaknya 20 orang dari masyarakat Desa Progowati yang menghadiri acara ini. Masyarakat yang hadir terbilang antusias dalam mengikuti edukasi ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya masyarakat yang bertanya dalam mengikuti kegiatan pemberian edukasi. Selain itu, dalam pelaksanaan praktik pemadaman api kebakaran dalam skala kecil terlihat masyarakat juga sangat antusias, dimana dalam pelaksanaannya banyak masyarakat yang mencoba memadamkan api sesuai dengan teknik yang diajarkan. Dalam pemadaman api ini, alat yang digunakan yaitu kain basah dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).
Dengan adanya program edukasi penanggung bencana kebakaran dan praktik pemadaman api kebakaran dalam skala kecil di masyarakat Desa Progowati diharapkan masyarakat sudah tidak panik apabila terjadi bencana kebakaran. Masyarakat juga diharapkan mampu memadamkan api dengan teknik yang benar apabila terjadi bencana kebakaran. Adanya leaflet mengenai nomor penting kedaruratan juga diharapkan bisa bermanfaat apabila terjadi bencana ataupun sesuatu yang tidak diharapkan dan butuh respon yang cepat.

IMG20220727143930
Pelaksanaan Simulasi Pemadaman Api Kebakaran dalam Skala lecil
Banner-Kebakaran
Poster Tindakan Penyelamatan Ketika Kebakaran
NOMOR-PENTING-KEDARURATAN
Daftar Nomor Penting Kedaruratan Kabupaten Magelang

Penulis : Lisa Atika Putri

DPL : Triyono., S.H., M.Kn

Lokasi : Desa Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang