Berhasil Menggandeng Mitra Pemasaran, Jahe Jalaran Laku Keras!

IMG-20220729-WA0004

Dusun Jrakah,Desa Kebondowo (29/07/22) – Pemasaran produk Jahe Jalaran milik Kelompok Wanita Tani (KWT) “Maju Lestari” sangat terbantu setelah berhasil menggandeng beberapa mitra-mitra.

Pada bulan Juli kemaren, KWT telah memproduksi kurang lebih 10 Kg jahe. Formulasi yang digunakan adalah 10 kg jahe dengan 20 kg gula pasir. Dari total tersebut dihasilkan sebanyak kurang lebih 19 kg jahe bubuk. Apabila dikemas dalam ukuran per 250 gr maka akan mendapat sebanyak 76 bungkus jahe bubuk.

Dikarenakan stok jahe yang masih ada atau belum laku terjual maka proses produksi dihentikan sementara hingga stok barang yang ada habis. Salah satu kendala yang memperlambat proses pemasaran yaitu kurangnya kontribusi aktif dari tiap-tiap anggota untuk membantu mempromosikan atau menawarkan.

Melihat kondisi tersebut, Mahasiswa KKN UNDIP mencoba melakukan pendampingan dalam memasarkan. salah satu solusi yang diberikan yaitu dengan menggencarkan promosi melalui media-media sosial serta mencari mitra-mitra pemasaran yang siap untuk diajak bekerja sama.

IMG-20220729-WA0006

Desa Kebondowo tentunya memiliki destinasi-destinasi wisata yang menarik dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Dari tempat-tempat wisata itu pasti terdapat ruko-ruko yang menjual aneka macam oleh-oleh khas daerah. Kondisi ini menjadi suatu peluang karena dapat dengan mudah menggandeng beberapa mitra-mitra.

Pada hari Jumat, 29 Juli 2022, telah dilakukan pendampingan pencarian mitra dan telah berhasil mendapatkan 3 mitra pemasaran.

Selain dengan mencari mitra, kegiatan pemasaran juga digencarkan dengan penyebaran pamflet-pamflet produk ke media sosial. Alhasil dengan berbagai usaha yang telah dilakukan, Jahe Jalaran laku keras dan akhirnya Kelompok Wanita Tani “Maju Lestari” mampu menghabiskan stok barang yang masih ada.

Penulis : Yuni Nurul Faiza
Dosen Pembimbing : Ir.Daud Samsudewa, S.Pt.,M.Si.,Ph.D.,IPM
Lokasi KKN : Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2021/2022