CEGAH STUNTING, MAHASISWA KKN TIM II UNDIP IKUT SERTA DALAM KEGIATAN POSYANDU DAN BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL

posyandu-5

SEMARANG- Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) lakukan pendampingan kegiatan posyandu di dusun Randusari, Desa Glawan, Kabupaten Semarang. Tujuan posyandu adalah memberi pemahaman kepada masyarakat terhadap risiko kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, maupun pasca persalinan sehingga angka kematian ibu dan bayi dapat ditekan. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kegiatan posyandu juga sebagai upaya pemerintah dalam mempermudah akses masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan, khususnya bagi ibu dan anak. “Saya senang sekali atas bantuan dari kakak kakak KKN dalam kegiatan Posyandu kali ini, mereka juga sudah ahli dalam melakukan pendekatan pada balita” Ujar Ibu Jujuk.
Kegiatan posyandu dilakukan satu bulan sekali dengan sasaran ibu dan anak. Tiap bulan anak dan balita akan diperiksa meliputi berat dan tinggi badan, kemudian dilakukan evaluasi tumbuh kembangnya sehingga dapat dilakukan deteksi dini terhadap gangguan tumbuh kembang anak. Seluruh perkembangan akan dicatat dalam Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) yang dimiliki setiap anak. Pemahaman mengenai penyakit yang sering menyerang balita dan cara mengatasinya juga disampaikan pada akhir kegiatan psoyandu.

posyandu-3

Posyandu untuk lansia turut diadakan sebagai upaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat usia lanjut terlebih yang berumur 60 tahun keatas. Kegiatan ini dibentuk atas inisiatif masyarakat yang didasari kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat lanjut usia. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendekatkan akses layanan kesehatan bagi lansia, disamping itu juga menjadi ajang silaturahmi antar masyarakat lanjut usia. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain penimbangan berat badan, pengecekan tekanan darah, dan pengecekan gula darah. “Kegiatan ini sangat membantu, karena saya dapat mengetahui kondisi diri saya secara gratis” Ujar Mbah Darmi salah satu peserta posyandu.
Pendampingan yang dilakukan Mahasiswa KKN Undip merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam upaya pencegahan stunting, serta membantu tenaga kesehatan di Desa Glawan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat terutama bagi ibu, anak, serta lansia dalam memperoleh akses layanan kesehatan secara gratis.
(Rania Akmalia, Tim II KKN Undip 2022)
DPL: Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.
Lokasi: Dusun Randusari RT 10, Desa Glawan, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.