Melalui Pemuda dan desa Mahasiswa KKN Undip Mengingatkan bahaya Cyberbullying

Whats-App-Image-2022-08-15-at-6-29-56-PM
Temanggung. Adanya aktivitas KKN di Desa Morobongo, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung memberikan banyak dampak positif bagi desa maupun bagi mahasiswa itu sendiri. KKN yang telah dimulai pada hari Senin, 4 Juli 2022 oleh Rektor UNDIP, Prof. DR. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Kegiatan pada program KKN pada tahun ini mengusung tema “Peduli, Partisipasi, Pahami, Stunting dan Narkoba berbasis SDG’s” yang berlangsung mulai dari tanggal 5 Juli 2022 hingga 18 Agustus 2022.cBertempat di salah satu desa yang berada di Kabupaten Temanggung. Desa Morobongo yang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Jumo.

Perkembangan Teknologi yang sangat cepat dan sangat mudah didapatkan dewasa ini memberi banyak dampak positif mulai dari kemudahan mendapatkan informasi dari luar, lalu memudahkan mendapatkan atau membeli barang dari luar, mencari teman baru dari dunia maya dan juga banyak sekali sosial media yang berkembang seperti Facebook, Instagram, TikTok, Snapchat dan masi banyak lagi. Akan tetapi di balik dampak positif yang diberikan begitu banyaknya akan selalu mengikuti dampak negatif yang diberikan salah satunya yaitu adanya Cyberbullying.

Cyberbullying adalah intimidasi yang dilakukan dengan menggunakan internet, ponsel atau perangkat digital. Korban nya yaitu remaja dibawah 18 tahun karena secara hukum belum dianggap dewasa. Teknologi yang digunakan paling sering yaitu media sosial yang di akses melalui smartphone. Maka dari itu mahasiswa KKN Undip berbagi pengalaman akan hal itu agar dapat terhindar dari ancaman Cyberbullying.

Dalam melakukan sosialisasinya mahasiswa KKN Undip menekankan pada bagaimana Cyberbullying itu bekerja, Cara Mengantisipasinya, Penyebab Cyberbullying dan Jenis CyberBullying. Tujuan dari memaparkan materi itu agar warga masyarakat bisa lebih awas terhadap apa yang terjadi di dunia maya sekarang.

Penulis : Nicko Adriawan(Ilmu Hukum, Fakultas Hukum)
DPL : Muhyidin, S.Ag., M.Ag., M.H.
Lokasi KKN : Kelurahan Morobongo, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
KKN TIM 2 2021/2022 Universitas Diponegoro