BRANDING PRODUK UMKM LOKAL, MAHASISWA KKN UNDIP MEMBANTU UMKM UNTUK MENJANGKAU PASAR YANG LEBIH LUAS

Whats-App-Image-2022-08-16-at-16-46-23

Morobongo (16/08/2022)- Bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan secara individu ataupun organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan laba dengan menciptakan produk berupa barang maupun jasa. Berkembangnya sebuah bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu bagaimana sebuah bisnis dapat dikenal oleh masyarakat serta kemudahan mencari lokasi tempat usaha.

Desa Morobongo berlokasi di Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung. Meskipun mayoritas pendudukan bermata penceharian sebagai petani, namun pada salah satu dusun yang ada di Desa Morobongo, yaitu Dusun Peranggongan terdapat beberapa UMKM salah satunya adalah UMKM yang bergerak dibidang kuliner. Ibu Yulikah sebagai pemilik usaha, memproduksi makanan-makanan ringan berupa jajanan pasar dan melayani pembuatan makanan sesuai pesanan. UMKM Ibu Yulikah dalam menjalankan usahanya hanya melayani konsumen yang terpusat di Desa Morobongo dan beberapa konsumen di luar desa yang sudah mengetahui usaha Ibu Yulikah. berdasarkan permasalahan tersebut, untuk membantu mengembangkan UMKM agar diketahui masyarakat lebih luas, program branding UMKM dilakukan.

Whats-App-Image-2022-08-16-at-16-46-25

Program branding ditujukan kepada UMKM dibidang kuliner Ibu Yulikah yang berlokasi di Desa Morobongo, Dusun Peranggongan. Bentuk program branding yang dilaksanakan yaitu berupa pembuatan banner dan sticker yang bertujuan agar memudahkan Ibu Yulikah dalam memasarkan usahanya, dimana di dalam banner dan sticker tersebut dimuat nama pemilik serta nomor telefon yang dapat dihubungi jika ingin melakukan pesanan. Pelaksanaan program ini diawali dengan melakukan survey terlebih dahulu terhadap UMKM yang ada di Desa Morobongo. Kemudian, melakukan pencarian informasi dengan melakukan wawancara langsung dengan pemilik UMKM yaitu Ibu Yulikah, mengenai apa yang perlu dikembangkan dari usaha tersebut. Banner dan sticker dicetak dan diserahkan kepada pihak UMKM serta melakukan pemasangan di tempat produksi yaitu di rumah Ibu Yulikah itu sendiri. Dengan berjalannya program ini, maka diharapkan produk Ibu Yulikah lebih dikenal oleh lebih banyak masyarakat dan dapat meningkatkan keuntungan dari pihak UMKM Ibu Yulikah.

KKN TIM II UNDIP 2021-2022
Penulis: Hashfi Saputro (Administrasi Bisnis – FISIP)

DPL: Muhyidin, S.Ag M.Ag. MH

Lokasi KKN: Desa Morobongo, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah