Budidaya Ikan di Keramba Jaring Apung (KJA) Rawa Pening Menarik Perhatian, Mahasiswa KKN II UNDIP 2021/2022 Melakukan Kunjungan ke KJA Rawa Pening Milik Ketua Kelompok Nelayan di Desa Banyubiru

kja

Banyubiru (11/07/2022), Keramba Jaring Apung (KJA) merupakan suatu wadah budidaya perairan yang ditempatkan di badan air dalam seperti waduk, danau dan laut. KJA biasanya digunakan dalam budidaya ikan dengan sistem intensif. Pemanfaatan KJA juga terlihat di kawasan Rawa Pening, Dusun Cerbonan, Desa Banyubiru.

Pukul 14.30 WIB, mahasiswa KKN TIM II UNDIP melakukan kunjungan ke Rawa Pening dan didampingi oleh Pak Umam, yang merupakan Ketua dari kelompok nelayan dan pembudidaya di Desa Banyubiru. Akses untuk menuju ke tempat didirikannya KJA yang lokasinya berada di tengah Rawa Pening, diperlukan bantuan yaitu menggunakan kapal mini bertenaga mesin untuk mencapai ke KJA.

Sungguh indah, selama perjalanan disuguhkan dengan pemandangan gunung dan sawah-sawah yang ada di sekitar rawa pening membuat suasana siang menjelang sore itu semakin mempesona. Tidak hanya itu, sesampai di KJA kita masih disuguhkan dengan ikan-ikan yang di budidayakan disana seperti ikan mujair, ikan nila, ikan tomang, ikan betutu, lobster serta ikan koi dan masih ada lainya yang dibudidayakan disana.

Selama di KJA, mahasiswa KKN melakukan wawancara dan pengamatan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk pembuatan program kerja untuk memecahkan permasalahan. Kunjungan mahasiswa KKN ke KJA mendapat sambutan baik dari Pak Umam dan nelayan lainnya di KJA. Selain mendapatkan pengalaman, diharapkan kunjungan ini mampu untuk meningkatkan kesadaran Mahasiswa KKN terhadap isu-isu lingkungan perairan serta membuka potensi dari hasil melimpah sumber perikanan di rawa Pening.

Penulis: Triana Puji Lestari
Pembimbing: Daud Samsudewa S.Pt., M.Si., Ph.D.
Lokasi: Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kab. Semarang