BIAN DATANG, HATIPUN SENANG !!! KKN TEMATIK UNDIP X UNICEF Imunisasi BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahun 2022 di Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten.

Trucuk, Klaten (02/08/2022), Pandemi Covid 19 telah menurunkan mobilitas dan aktivitas masyarakat yang berdampak menurunnya penyelenggaraan serta tingkat kunjungan ke Posyandu. Selama Masa Pandemi 2020 – 2021 terjadi penurunan cakupan Imunisasi dan Peningkatan Kejadian Luar Biasa Penyakit Campak, Difteri serta kecenderungan peningkatan penyakit Rubela, Pertusis dan Tetanus secara Global maupun Nasional. Selain itu, jumlah anak yang tidak di imunisasi dan tidak lengkap dosis imunisasinya pada 2020 di Regional SEAR 3,4 juta dan Indonesia sekitar 1,7 juta.

IMG-20220802-090806
Pelaksanaan Imunisasi BIAN di Balai Desa Trucuk

Berdasarkan latar belakang tersebut, Kementrian Kesehatan mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk meningkatkan cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun. BIAN dilaksanakan selama satu bulan, bertahap di seluruh provinsi Indonesia. Tahap pertama dilaksanakan mulai Mei 2022 di seluruh provinsi di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Tahap kedua dilaksanakan mulai Agustus 2022 di seluruh provinsi di Jawa dan Bali. Namun, Provinsi Bali dan DIY tidak melaksanakan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela,  namun tetap melaksanakan imunisasi kejar.

1-KKN-Tematik
Proses input data melalui ASIK

Dalam rangka meningkatkan capaian Imunisasi KEJAR dan BIAN di Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Mahasiswa KKN Tematik KEJAR dan BIAN Universitas Diponegoro membantu pelaksanaan bersama dengan petugas dari Puskesmas Trucuk 1 untuk menginput data sasaran imunisasi. Jumlah anak yang menjadi sasaran dalam kegiatan imunisasi di Desa Trucuk adalah 244 anak. Proses input data dilakukan melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) sehingga semua data imunisasi anak yang dimasukkan di ASIK akan terintegrasi dengan PeduliLindungi. Kegiatan Imunisasi yang dilakukan di Balai Desa Trucuk menjadi yang pertama di Kecamatan Trucuk dan akan berlanjut di desa-desa lain di wilayah kerja Puskesmas Trucuk 1.

Penulis            : Dimas Sadewa /Manajemen/Fakultas Ekonomika dan Bisnis

DPL                 : 1. Dr. dra. Ayun Sriatmi., M.Kes.

                          2. Kurniawan Teguh Martono., S.T., M.T

Lokasi             : Desa Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *