Dukung Industri 4.0, Mahasiswa KKN Tim II Undip Berikan Sosialisasi Digital Marketing kepada Pengurus BUMDes

Whats-App-Image-2022-07-28-at-14-55-08

Saat ini kita berada di era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan luar biasa pada aspek teknologi internet. Komputer yang kemampuannya terus berkembang menjadi lebih luas karena tersambung ke sebuah jaringan besar yang bernama internet. Kemajuan internet yang terus berkembang membuat trend penggunaan media sosial pun turut meningkat. Trend ini berdampak positif terhadap aktivitas pemasaran melalui social media.
Social media berperan penting dalam strategi digital marketing sebab dapat meningkatkan brand awareness pada produk yang ditawarkan. Social media memegang arti yang sangat penting dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Seluruh masyarakat dunia sudah bisa menggunakan social media dan di pastikan jumlahnya masih akan terus bertambah. Salah satu media sosial terbesar yang sering kali digunakan masyarakat yaitu facebook.
Sebagai seorang Sarjana, mahasiswa S1 Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro berupaya untuk menerapkan TriDharma di perguruan tinggi melalui organisasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut dilakukan sosialisasi kepada pengurus BUMDes oleh mahasiswa Universitas Diponegoro jurusan Ilmu Ekonomi, Muhamad Rizky Ramdani. Sosialisasi ini diadakan di BUMDes Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang pada 28 Juli 2022.
Acara ini dilaksanakan dengan pemaparan materi yang berisi panduan cara membuat akun dan pasaran produk secara tepat di facebook melalui pendekatan customer relationship. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara ini berlangsung dengan lancar dan audiens yang hadir sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan. Acara ini diakhiri dengan pemberian booklet dan video edukasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengurus BUMDes atau masyarakat secara luas.
Penulis : Muhamad Rizky Ramdani – S1 Ilmu Ekonomi – Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing Lapangan : Muhyidin, S.Ag., M.Ag., M.H.
Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang