DIBAWAH BIMBINGAN UNDIP, DESAIN PRODUK KEMASAN ASAP CAIR KHUSUS PETERNAKAN UMKM NGUDI MAKMUR 1 HASIL KERJA SAMA DENGAN UNDIP, MELALUI PROGRAM KKN TEMATIK DI DESA KATAAN, TEMANGGUNG.

Kataan, Temanggung (03/08/2022)- Mahasiswa KKN tematik Universitas Diponegoro membuat desain kemasan produk hasil kerja sama antara Universitas Diponegoro dan UMKM Ngudi Makmur 1 Desa Kataan melalui program KKN Tematik Pengembangan Biofertilizer dan Biopestisida.
UMKM Ngudi Makmur 1 Desa Kataan memiliki berbagai produk penunjang pertanian, salah satunya adalah asap cair yang merupakan hasil kerja sama antara UMKM dengan Undip. Asap cair yang di produksi dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang, dua diantaranya adalah pertanian dan peternakan.
Alat produksi asap cair yang merupakan hibah dari Undip untuk UMKM Ngudi Makmur 1 dapat menghasilkan sekitar 20 liter asap cair dalam sekali produksi. Kemudian produk asap cair tersebut akan dipasarkan secara luas. Untuk dapat dipasarkan produk asap cair tersebut perlu dikemas dengan desain kemasan yang menarik calon pelanggan.
Desain kemasan merupakan bagian penting dari sebuah produk, baik bagi produsen maupun konsumen. Kemasan bertujuan menampilkan atribut unik sebuah produk, memperkuat penampilan estetika dan nilai produk, mempertahankan keseragaman dalam kesatuan merek produk, memperkuat perbedaan antara ragam produk dan lini produk.
Mahasiswa Undip membantu anggota UMKM Ngudi Makmur 1 membuat desain kemasan asap cair untuk produk mereka. Mahasiswa Undip melakukan koordinasi dengan anggota UMKM mengenai bagaimana desain yang diinginkan dan diperlukan oleh anggota UMKM.
Desain ini menyesuaikan target pasar dari produk itu sendiri, yaitu petani dan peternak. Pada desain tersebut tercantum informasi “Dibawah bimbingan Universitas Diponegoro” yang menginformasikan bahwa produk tersebut merupakan hasil kerja sama antara UMKM Ngudi Makmur 1 dengan Universitas Diponegoro.
Harapannya, dengan desain untuk produk asap cair khusus peternakan UMKM Ngudi Makmur 1 yang sudah dibuat dapat membantu branding dan pemasaran produk tersebut, sehingga meningkatkan penjualan dan tentu saja perekonomian UMKM Ngudi Makmur 1.
Penulis: Muhammad Fadhlih Rusyana – S1 Akuntansi/Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.