Keren!! Optimalkan Limbah Air Kolam Budidaya, Mahasiswa KKN Tim II Undip Memanfaatkan Limbah Air Kolam Ikan Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)

Boja, Kendal (09/08) — Ketika memelihara ikan air yang digunakan sebagai media pemeliharaan tidak luput dari endapan dari sisa pakan ikan dan feses ikan sehingga menjadi limbah. Ketika kondisi kolam ikan yang sudah terdapat banyak endapan maka kolam harus segera dikuras atau di sipon untuk menghilangkan endapan tersebut. Apabila tidak dilakukan ikan akan terkena penyakit, ikan menjadi stress hingga dapat menyebabkan kematian massal. Untuk itu perlu dilakukannya pengurasan atau penyiponan. Ketika melakukan pengurasan atau penyiponan air limbah harus di buang ke tempat khusus pembuangan limbah. Namun karena jarang yang memiliki tempat khusus untuk membuang limbah air kolam ikan sering kali limbah air kolam ikan ini dibuang ke selokan sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap.

Adanya permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 yang berlokasi di Desa Boja, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal memiliki ide untuk mengelolah air limbah kolam ikan tersebut menjadi sesuatu barang yang dapat di manfatkan kembali. Limbah air kolam ikan akan diolah menjadi pupuk organik cair yang dapat menyuburkan tanaman, pembuatan pupuk ini dilakukan dengan cara fermentasi. Untuk itu mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan kegiatan penyuluhan di Dusun Gentan Lor pada tanggal 09 Agustus 2022. Penyuluhan ini dilakukan dengan cara membagikan produk berupa Pupuk Organic Cair (POC) yang sudah dibuat oleh mahasiswa KKN dan juga membagikan panflet berupa cara pembuatan pupuk organik tersebut kepada para perserta kegiatan penyuluhan. Setelah pemaparan penyuluhan selesai dilanjutkan dengan tanya jawab kepada para perserta kegiatan.

Dengan adanya penyuluhan tentang pemanfaatan air limbah kolam ikan menjadi pupuk organik cair ini diharapkan warga Dusun Gentan Lor, Desa Boja dapat menerapkannya agar limbah air kolam ikan tidak dibuang sembarangan agar tidak merusak lingkungan.

Oleh : Kintan Shafa Azzanabilla (Akuakultur Undip)
DPL : Dr. Dodik Pramono, M.Si., Med.